Profil Tim Piala Dunia 2018: Meksiko: Chicharito Jadi Kunci

Chicarito, stiker Timnas Meksiko merayakan kemenangan. (Reuters)
08 Juni 2018 02:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Untuk ke-16 kalinya, Meksiko tampil di putaran final Piala Dunia. Meski hanyak lima kali absen, langkah Meksiko tak pernah lebih jauh dari perempat final.

Timnas yang memiliki julukan El Tri El Tricolor memulai debutnya di Piala Dunia pada tahun 1930 dan terakhir bermain pada Piala Dunia 2014. Pencapaian terbaik El Tri di pentas Piala Dunia adalah ketika mereka berhasil mencapai fase perempat final pada putaran tahun 1970 dan 1986.

Selama berlaga dan berkompetisi di kualifikasi Piala Dunia El Tri berhasil menyapu bersih semua laga kualifikasi yang mereka jalani dengan catatan 15 kali lolos dalam 15 kualifikasi.

Per awal tahun 2018, El Tri menempati posisi ke-16 di peringkat FIFA. Timnas Meksiko akan bermain di bawah kepemimpinan Juan Carlos Osorio. Pencetak gol terbanyak dalam sejarah Meksiko, Javier Hernandez (Chicharito) akan menjadi sosok pemain kunci dari timnas Meksiko. Di Piala Dunia 2018 ini, Timnas Meksiko bakal bersaing dengan Jerman, Swedia, dan Korea Selatan di Grup F.

Memiliki sederet pemain bintang, Meksiko menjadi salah satu tim yang diharapkan dapat memberikan warna selama berlangsungnya Piala Dunia 2018. Meski begitu, Meksiko masuk salah satu grup neraka bersama Jerman, Swedia, dan Korea Selatan di Grup F.

Meksiko diperkuat 16 pemain yang sebelumnya tampil di Piala Dunia 2014 Brasil. Hal itu memang merupakan rencana dari Juan Carlos Osorio yang telah disusun satu tahun sebelumnya, di mana sebagian besar pemain akan bertanding pada Juni nanti.

Meksiko adalah salah satu tim yang langganan menjadi kontestan Piala Dunia. Dari 20 edisi Piala Dunia sejak 1930 silam, hanya lima kali Meksiko absen. Namun malangnya pencapaian terbaik Meksiko hanya sebatas perempat final.

Bahkan dalam enam edisi Piala Dunia terakhir, Meksiko hanya mampu melaju sampai 16 besar. Dan pada Piala Dunia 2014 Brasil lalu, tim asuhan Juan Carlos Osorio ini juga harus terhenti di babak 16 besar di tangan Belanda.

Laju Meksiko di Copa America pun tidak terlalu baik. Pada perhelatan terakhir di tahun 2016 lalu, Meksiko hanya mampu melangkah sampai perempat final. Di tahap ini mereka dibantai Chile 0-7. Chile pun berhasil meraih juara edisi Copa America kala itu.

Berikut daftar skuad Meksiko untuk Piala Dunia 2018 seperti dikutip Solopos.com dari Reuters;

Kiper: Guillermo Ochoa (Standard), Alfredo Talavera (Toluca), Jesus Corona (Cruz Azul)

Bek: Carlos Salcedo (Eintracht Frankfurt), Diego Reyes (Porto), Hector Moreno (Real Sociedad), Hugo Ayala (Tigres), Edson Alvarez (Club America), Jesus Gallardo (Pumas), Miguel Layun (Sevilla)

Gelandang: Rafa Marquez (Atlas), Hector Herrera (Porto), Jonathan dos Santos (LA Galaxy), Andres Guardado (Real Betis), Marco Fabian (Eintracht Frankfurt), Giovani Dos Santos (LA Galaxy)

Penyerang: Javier Hernandez (West Ham United), Raul Jimenez (Benfica), Oribe Peralta (Club America), Jesus Corona (Porto), Carlos Vela (LAFC), Javier Aquino (Tigres), Hirving Lozano (PSV)