Profil Tim Piala Dunia 2018: Australia, Bisa Apa?

Timnas Australia (Reuters/Heinz Peter Bader)
08 Juni 2018 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Sejak 2006 silam, Australia resmi menjadi bagian dari Federasi Sepak Bola Asia, AFC. Oleh karena itu, mereka harus melewati babak kualifikasi Piala Dunia  dengan melawan negara-negara asal Asia. Sebelumnya, Australia merupakan bagian dari Oceania (OFC).

Meski mendapat persaingan ketat di Asia, Australia justru menjadi langganan Piala Dunia. Sejak 2006, mereka selalu lolos ke putaran final Piala Dunia. Namun, pencapaian terbaik mereka cuma lolos ke babak 16 besar. Itu pun dicatatkan pada 2006 silam saat ditumbangkan Italia 0-1 di babak 16 Besar. Selebihnya, mereka tersingkir di fase grup.

Pada Piala Dunia 2018 ini, Australia lolos ke putaran final dengan melewati banyak pertandingan. Pada Kualifikasi Zona Asia, Australia gagal lolos otomatis karena kalah bersaing dengan Jepang dan Arab Saudi. Mereka kemudian harus melewati dua kali babak play-off.

Babak play-off pertama adalah zona Asia melawan Suriah. Australia menang dengan agregat 3-2 dalam dua leg. Kemudian Australia harus menjalani play-off kedua melawan tim Zona CONCACAF, Honduras. Di fase ini, Australia menang dengan agregat 3-1.

Menariknya, Australia lolos ke Piala Dunia 2018 ini di bawah kepelatihan Ange Postecoglou. Namun setelah memastikan kelolosan tim berjuluk Socceros, Postecoglou malah mengundurkan diri pada November 2017 silam. Posisinya pun kemudian digantikan oleh Bert van Martwijk.

Di Rusia, Australia masih mengandalkan pemain gaek Tim Cahill. Eks pemain Everton itu masih tetap dipanggil meski usianya sudha menginjak 38 gol. Meski begitu, Cahill tetap menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 11 gol di fase kualifikasi Piala Dunia. Selain itu, Australia juga masih punya Mile Jedinak, Aaron Mooy, dan Jackson Irvine yang merumput di Inggris.

Skuat Australia di Piala Dunia 2018:

Kiper: Mat Ryan (Brighton), Brad Jones (Feyenoord), Danny Vukovic (Genk)

Bek: Trent Sainsbury (Grasshoppers), Matthew Jurman (Suwon), Milos Degenek (Yokohama Marinos), Joshua Risdon (Western Sydney Wanderers), Aziz Behich (Bursaspor), James Meredith (Millwall)

Gelandang: Mile Jedinak (Aston Villa), Aaron Mooy (Huddersfield), Tom Rogic (Celtic), Massimo Luongo (QPR), Jackson Irvine (Hull City), Dimi Petratos (Newcastle Jets), Mark Milligan (Al Ahli).

Penyerang: Tim Cahill (Millwall), Tomi Juric (FC Luzern), Mathew Leckie (Hertha Berlin), Daniel Arzani (Melbourne City), Andrew Nabbout (Urawa Red Diamonds), Robbie Kruse (Bochum), Jamie Maclaren (Hibernian)