Profil Tim Piala Dunia 2018: Mesir Berharap Tuah Salah

Timnas Mesir (Reuters/Francois Lenoir)
08 Juni 2018 19:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Setelah 28 tahun, Mesit akhirnya tampil di putaran final Piala Dunia lagi. Mereka lolos ke Piala Dunia 2018 setelah memuncaki klasemen Grup E kualifikasi zona Afrika.

Mesir sendiri sebenarnya negara yang dikenal kuat dengan sepak bolanya. Mereka merupakan negara dengan koleksi terbanyak trofi Piala Afrika dengan tujuh gelar. Namun, dominasi di Afrika itu kerap tak berlanjut ke Piala Dunia.

The Pharaohs kerap terjungkal di babak kualifikasi Piala Dunia. Bayangkan, Mesir tercatat hanya dua kali tampil di putaran final Piala Dunia yakni pada edisi 1934 dan 1990. Hingga akhirnya kini berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia lagi dengan cara yang cukup dramatis. Posisi puncak Grup dipastikan Mesir lewat tendangan penalti di masa injury time saat melawan Kongo.

Di laga itu, Mesir membutuhkan kemenangan untuk menjadi juara grup dan lolos otomatis. Sempat unggul lewat Mohamed Salah, Kongon kemudian bisa menyamakan kedudukan. Hingga akhirnya Salah kembali membuat gol di masa injury time dengan tendangan penalti dan membuat negaranya lolos ke Piala Dunia setelah nyaris tiga dekade absen.

Mohamed Salah pun dianggap sebagai pahlawan dan langsung dipuja setinggi langit. Apalagi, Salah juga tampil menawan sepanjang musim bersama Liverpool. Namun, Warga Mesir seperti disambar petir di siang bolong ketika menyaksikan Mohamed Salah keluar lapangan dengan berurai air mata sambil memegangi bahunya di final Liga Champions. Salah menderita dislokasi bahu saat membela Liverpool melawan Real Madrid hanya dalam hitungan hari menjelang Piala Dunia 2018.

Pendukung Mesir jelas panik. Sebab, Salah merupakan jimat bagi tim berjuluk The Pharaohs. Dia menyumbang lima gol dalam enam laga di fase kualifikasi. Beruntung, kabar terbaru menyebut Salah membutuhkan waktu maksimal tiga pekan untuk pemulihan. Artinya, masih ada harapan bagi Salah tampil di Piala Dunia 2018. Salah pun akhirnya tetap masuk dalam skuat besutan Hector Cuper.

Di skuat Mesir tentu tak cuma Salah. Masih ada Mohamed Elneny dan Ahmed Hegazi yang merumput di Liga Premier Inggris. Elneny merupakan gelandang Arsenal, sedangkan Hegazi merupakan bek West Bromwich Albion. Ketiganya akan menjadi pilar Mesir di Piala Dunia nanti.

Mesir tergabung di Grup A Piala Dunia 2018 bersama tuan rumah Rusia, Arab Saudi, dan Uruguay. Nama terakhir menjadi tim yang paling diunggulkan. Artinya, Mesir masih bisa mencuri kesempatan lolos sebagai runner up mengingat Rusia dan Arab Saudi masih dianggap setara dengan mereka.

Skuat Mesir di Piala Dunia 2018

Kiper: Essam El Hadary, Mohamed El Shenawy, Sherif Ekramy

Bek: Ahmed Fathi, Saad Samir, Ayman Ashraf, Mahmoud El Wensh, Mohamed Abdelshafy, Ahmed Hegazi, Ali Gabr, Ahmed El Mohamady, Omar Gaber

Gelandang: Tarek Hamed, Mahmoud Shikabala, Abdallah El Said, Sam Morsy, Mohamed Elneny, Ramadan Sobhi, Mahmoud Trezeguet, Amr Warda, Mahmoud Kahraba

Penyerang: Mohamed Salah, Marwan Mohsen