Profil Tim Piala Dunia 2018: Iran Punya Bekal Menawan

Timnas Iran (Reuters/Murad Sezer)
08 Juni 2018 22:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Iran berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia 2018. Mereka memiliki bekal yang mentereng dari babak kualifikasi. Bukan tak mungkin Iran bakal menjadi kuda hitam di turnamen akbar empat tahunan ini.

Iran melaju mulus di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Mereka lolos di babak penyisihan awal dan kemudian melaju ke babak 12 besar Zona Asia. Tergabung di Grup B, Iran mendapat tantangan besar dari Korea Selatan yang merupakan tim top Asia.

Namun, Iran justru mampu mengalahkan Korsel. Bahkan, mereka tercatat tak pernah kalah dalam 10 laga di babak kualifikasi itu. Tim polesan Carlos Queiroz meraih enam kemenangan dan empat kali imbang, tanpa sekalipun menderita kekalahan.

Hasil di kualifikasi itu tentu menjadi bekal bagus Iran ke Piala Dunia 2018. Namun, melengok sejarah, Iran tak boleh jemawa dengan hanya bekal bagus di kualifikasi itu. Pasalnya, Iran tak pernah lolos dari fase grup Piala Dunia sejak kali pertama tampil pada 1978 silam.

Apalagi, Iran mendapat lawan berat di Piala Dunia 2018 nanti. Mereka tergabung di Grup B Portugal, Spanyol, dan Maroko. Portugal dan Spanyol tentu menjadi lawan yang paling berat. Portugal merupakan juara Piala Eropa 2016, sedangkan Spanyol adalah juara Piala Dunia 2010.

Iran sendiri pernah melahirkan banyak pemain ternama yang cukup sukses seperti Javad Nekounam, Ali Karimi, Mehdi Mahdavikia, hingga Ali Daei. Nama terakhir bahkan masih menjadi pemegang rekor gol di Iran dengan 109 gol dari 149 laga. Tak ada nama-nama itu, Iran pun kini lebih mengandalkan pemain muda.

Salah satunya adalah Sardar Azmoun yang kini merumput di Liga Rusia bersama Rubin Kazan. Bomber 23 tahun itu sudah memperkuat tim nasional Iran sejak U-17. Kini, dia berhasil menjadi bagian dari skuat senior dan langsung menunjukkan tajinya.

Sardar sudah masuk daftar top skorer sepanjang masa di Timnas Iran dengan koleksi 23 gol. Padahal, ia baru memiliki 31 caps bersama Iran. Pengalamannya di Rusia akan sangat membantu Iran untuk bisa melaju di Piala Dunia 2018. Jangan lupakan pula tangan dingin pelatih Carlos Queiroz yang sudah sarat pengalaman di kompetisi dunia.

Skuat Iran di Piala Dunia 2018

Kiper: Alireza Beiranvand, Mohammad Mazaheri, Amir Abedzadeh

Bek: Rouzbeh Cheshmi, Milad Mohammadi, Morteza Pouraliganji, Mohammad Reza Khanzadeh, Pejman Montazeri, Majid Hosseini, Ramin Rezaeian

Gelandang: Mehdi Torabi, Ehsan Hajsafi, Saeid Ezatolahi, Masoud Shojaei, Omid Ebrahimi, Vahid Amiri, Saman Ghoddos, Alireza Jahanbakhsh, Ashkan Dejagah, Karim Ansarifard,

Penyerang: Reza Ghoochannejhad, Mehdi Taremi, Sardar Azmoun