Foto dengan Erdogan, Gundogan Dicemooh Fans Timnas Jerman

Ilkay Gundogan (Reuters/Thilo Schmulgen)
10 Juni 2018 14:55 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LEVERKUSEN — Ilkay Gundogan mendapat semoohan dari pendukung Timnas Jerman saat melakoni laga uji coba melawan Arab Saudi di Bay Arena, Leverkusen, Sabtu (9/6/2018) dini hari WIB. Hal itu tak terlepas dari kontroversi yang dibuat Gundogan.

Gundogan dan rekan setimnya di Timnas Jerman, Mesut Ozil, yang memiliki darah Turki baru-baru ini berfoto bersama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan pemain Turki yang membela Everton, Cenk Tosun. Gudogan menjadi sasaran cemoohan karena dia menuliskan pesan “Kepada Presidenku, dengan Segala Respek” saat mengunggah foto yang dianggap mengurangi nasionalismenya terhadap Jerman itu.

"Pertama, mencemooh pemain nasional tidak akan membantu siapa pun. Saya tanya Anda soal ini, apa yang dilakukan Ilkay sekarang? Dia berfoto, ya, namun dia membuat pernyataan nonpolitik,” jelas Pelatih Jerman, Joachim Low, dilansir Teamtalk.com.

“Dia sudah bicara kepada media dan menyatakan dukungannya kepada Jerman, dia lahir di sini, tumbuh di sini, keluarganya dan teman-temannya juga di sini. Semua orang harus move on dari masalah ini," sambungnya.

Di sisi lain, laga itu dimenangkan Jerman dengan skor 2-1. Marco Reus dan Timor Werner menjadi inspirator kemenangan Der Panzer. Reus mencetak assist untuk gol pertama Jerman yang dicatatkan Werner. Sementara gol kedua akibat bunuh diri yang berawal dari sepakan Werner. Arab Saudi bisa memperkecil ketertinggalan melalui gol Taisir Al Jassim.

Laga ini sekaligus menandai comeback bek sentral Jerman, Jerome Boateng. Defender Bayern Munchen itu untuk kali pertama tampil di laga kompetitif bersama Jerman sejak absen karena cedera, Mei 2018 lalu.