Grup E Paling Ketat Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 (Reuters/Michael Dalder)
10 Juni 2018 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Pembagian grup di Piala Dunia 2018 ini dinilai cukup merata. Maka jika ditanya grup manakah yang persaingannya paling sengit maka jawabannya bakal debatable.

Namun jika ditelusuri berdasarkan ranking FIFA terbaru yang dirilis pekan ini, maka Grup E lah yang menyandang grup paling ketat. Grup E dihuni Brasil, Swiss, Kosta Rika, dan Serbia. Jika dirata-rata, ranking FIFA dari keempat tim tersebut yakni 16,25. Brasil berada di urutan paling atas dengan menempati peringkat kedua, disusul Swiss dengan ranking ke-6, Kosta Rika di posisi ke-23, dan Serbia di urutan le-34.

Brasil memang belum bisa menggeser Jerman di posisi pertama daftar ranking FIFA terbaru. Namun juara dunia lima kali tersebut tak kalah difavoritkan untuk menjuarai Piala Dunia di Rusia yang dibuka, Kamis (14/6/2018) mendatang tersebut.

Sementara Jerman masuk di grup yang relatif mudah jika mengacu pada rasio ranking keempat tim di masing-masing grup. Juara bertahan Piala Dunia itu berada di Grup F bersama Meksiko (ranking ke-15), Swedia (ranking ke-24), dan Korea Selatan (ranking ke-57). Grup F memiliki rata-rata ranking 24,25.

Seperti dilansir Fifa.com, Sabtu (9/6/2018), Rasio ranking di Grup F itu masih jauh dari Grup C dengan rata-rata ranking 16,5. Grup C dihuni Prancis (ranking ke-7), Peru (ranking ke-11), Denmark (ranking ke-12), dan Australia (ranking ke-36). Grup C berada di bawah Grup E yang rasio rankingnya paling ketat di antara delapan grup Piala Dunia 2018 ini.

Adapun tuan rumah Rusia berada di grup paling longgar persaingannya. Rusia yang memiliki ranking paling buncit di antara tim-tim lain di Piala Dunia 2018, yakni posisi ke-70, bergabung di Grup A dengan Uruguay (14), Mesir (45), dan Arab Saudi (67).

Sementara itu, tim-tim peserta Piala Dunia 2018 yang sudah bertolak ke Rusia semakin bertambah. Setelah Iran, Spanyol, dan Tunisia tiba di Rusia, giliran Portugal yang tiba di Negeri Beruang Merah. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Cristiano Ronaldo cs. bertolak dari Bandara Humberto Delgado, Lisbon, Portugal, Sabtu pagi waktu setempat.

Portugal akan memulai kampanye mereka di Piala Dunia 2018 dengan menghadapi Spanyol di Sochi, Rusia, Jumat (15/6/2018) mendatang. Oleh karena itu, pasukan Fernando Santos tersebut datang ke Rusia sekitar enam hari sebelum kick-off Piala Dunia untuk menghindari jet lag.

Belum lama ini, Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyatakan Rusia sudah siap 100 persen sebagai tuan rumah turnamen palinga akbar segajat tersebut. "Orang-orang akan menyaksikan Rusia sebagai negara yang berbeda, sebagai negara yang memberikan sambutan hangan kepada dunia, negara dengan festival, selebrasi, dan selalu terbuka," ujarnya, dikutip Fifa.com