Profil Tim Piala Dunia 2018: Kosta Rika, Kekuatan dari Zona CONCACAF

Timnas Kosta Rika (Reuters/Jason Cairnduff)
10 Juni 2018 21:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Selain Meksiko dan Amerika Serikat, Zona CONACAF juga memiliki tim kuat lainnya yakni Kosta Rika. Kosta Rika pun menjadi salah satu tim peserta Piala Dunia 2018. Berbeda dengan Amerika Serikat yang justru tak mampu melaju ke putaran final.

Ini menjadi Piala Dunia kelima bagi Kosta Rika. Sebelumnya, mereka sudah tampil di Piala Dunia  edisi 1990, 2002, 2006, dan 2014. Prestasi terbaik mereka bahkan ditorehkan pada Piala Dunia edisis sebelumnya di Brasil. Kala itu, Kosta Rika mampu menembus babak perempatfinal.

Tokopedia

Sayang, Kosta Rika gagal melaju ke semifinal karena ditumbangkan oleh Belanda melalui tendangan adu penalti. Meski begitu, pencapaian mereka patut di apresiasi. Pasalnya, Kosta Rika kerap tak bisa melaju lebih jauh di Piala Dunia.

Kosta Rika sendiri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 sebagai runner up putaran terakhir babak kualifikasi. Mereka hanya kalah dari Meksiko yang menjadi pemuncak. Hal itu sudah cukup mengantarkan Keylor Navas dkk. lolos otomatis ke Rusia.

Navas memang menjadi tumpuan Kosta Rika dalam beberapa tahun terakhir. Pada Piala Dunia 2018, kiper Real Madrid ini tentu masih diandalkan. Apalagi, performa Navas tetap bagus di usianya yang sudah 31 tahun. Bahkan, dia berhasil membawa Madrid menjuara Liga Champions, akhir bulan lalu.

Selain Navas, Kosta Rika masih memiliki Bryan Ruiz. Gelandang serang Sporting Lisbon ini menjadi kunci performa apik Kosta Rika pada Piala Dunia 2014 di Brasil lalu. Dua golnya mengantar Kosta Rika ke babak perempatfinal. Ruiz pun akan menjadi motor serangan Kosta Rika di Piala Dunia 2018 nanti.

Kosta Rika sendiri tergabung di Grup E Piala Dunia 2018. Grup itu terbilang berat mengingat ada tim sekelas Brasil, Serbia, dan Swiss. Brasil merupakan juara Piala Dunia lima kali dan menempati peringkat kedua dunia. Swiss juga tak boleh diremehkan lantaran menempati peringkatnya masih di atas Kosta Rika. Hanya Serbia yang peringkatnya masih di bawah Kosta Rika.

Skuat Kosta Rika di Piala Dunia 2018

Kiper: Keylor Navas, Patrick Pemberton, Leonel Moreira

Bek: Cristian Gamboa, Ian Smith , Ronald Matarrita, Bryan Oviedo, Oscar Duarte, Giancarlo Gonzalez, Francisco Calvo, Kendall Waston, Jonny Acosta

Gelandang: David Guzman, Yeltsin Tejeda, Celso Borges, Randall Azofeifa, Rodney Wallace, Bryan Ruiz, Daniel Colindres, Christian Bolanos

Penyerang: Johan Venegas, Joel Campbell, Marco Urena