Piala Dunia 2018: Lini Depan Spanyol Andalkan Copas

Timnas Spanyol (Reuters/Susana Vera)
10 Juni 2018 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, KRASNODAR — Laga melawan Tunisia memberi pencerahan pada Pelatih Spanyol, Julen Lopetegui, untuk menentukan kerangka tim utama di Piala Dunia 2018. Sempat galau mencari kombinasi yang tepat di lini depan, sang pelatih akhirnya memutuskan duet Diego Costa-Iago Aspas (Copas) untuk menjadi tumpuan penyerangan Tim Matador.

Sempat bermain tak meyakinkan saat Spanyol ditahan imbang Swiss 1-1 di uji coba sebelumnya, Costa dan Aspas sukses membuktikan diri saat membawa tim membekuk Tunusia dengan skor 1-0 di Stadion FK Krasnodar, Rusia, Minggu (10/6/2018) dini hari WIB. Umpan yang diberikan Costa di menit ke-84 sukses dimanfaatkan Aspas menjadi gol lewat tendangan keras menuju pojok kiri bawah gawang Tunisia.

Kinerja dua Copas langsung dipuji mengingat mereka baru bekerjasama sejak menit ke-76. Aspas memang baru masuk di menit itu menggantikan Jordi Alba, sedangkan Costa masuk di menit ke-60 menggantikan striker Valencia, Rodrigo. Sebelum duo Aspas-Costa tampil, La Furia Roja seringkali kesulitan membangun serangan yang mematikan. Hal itu tak lepas dari pertahanan Tunisia yang sangat disiplin dan terorganisasi.

“Saya pikir kami memiliki Aspas dan Costa. Mereka akan menjadi solusi lini depan kami,” ujar Lopetegui seperti dilansir Marca, Minggu.

Kredit tersendiri patut diberikan pada Aspas yang mampu terlibat dalam sembilan dari 10 gol terbaru Spanyol. Striker Celta Vigo itu sukses mencetak lima gol dan empat assist. Uniknya, kontribusi tersebut semuanya dilakukan di babak kedua.

Performa apik Aspas mungkin tak terlalu mengagetkan jika melihat prestasinya musim lalu. Dia adalah pemain lokal paling subur di Liga Primera 2017/2018 dengan torehan 22 gol.
La Furia Roja akan langsung menjalani laga berat di pembukaan Piala Dunia 2018 yakni melawan Portugal pada Sabtu (16/6/2018). Selepas itu mereka akan berjumpa Iran dan Maroko.