Lawan Persibo Bojonegoro, Persis Solo Ingin Mantapkan Mental Tandang

Para penggawa Persis Solo menjalani latihan di Stadion Manahan, Solo. (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)
10 Juni 2018 16:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, BOJONEGORO — Publik sepak bola Indonesia terhenyak saat Persis Solo  mampu menggunduli Timnas Indonesia U-19 dengan skor 3-0 di laga uji coba di Stadion Manahan, akhir Mei lalu. Gol Tri Handoko, Johan Yoga dan bunuh diri Nur Hidayat membuat comeback Indra Sjafri ke Timnas U-19 layaknya mimpi buruk.

Namun jika dicermati, sebenarnya tak terlalu mengejutkan apabila Laskar Sambernyawa sukses menjinakkan Garuda Jaya, julukan Timnas U-19. Musim ini M. Wahyu dkk. melanjutkan tren kedigdayaan Persis saat bermain di markas sendiri, Stadion Manahan. Dari tiga laga di kandang yang sudah dijalani di kompetisi Liga 2 2018, Persis sukses menyapu bersihnya dengan kemenangan.

Di sisi lain Persis belum kunjung sembuh dari penyakit lama yakni lemah saat tandang. Berturut-turut Persis dihantam Aceh United (1-2) dan Persiraja Banda Aceh (0-1) dalam tur Aceh awal Mei lalu. Melihat fakta tersebut, laga uji coba melawan Persibo Bojonegoro di Stadion H. Letjend. Soedirman, Minggu (10/6/2018), tentu amat krusial untuk membenahi mental away day Tri Handoko dkk.

Meski bermain di Liga 3, Persibo terbukti mampu menyulitkan tim kuat Liga 1, Madura United, di Piala Presiden, 8 Mei. Laskar Angling Dharma, julukan Persibo, bahkan mampu menahan Madura United 1-1 di waktu normal walau akhirnya kalah 2-4 di babak adu penalti. Fanatisme Boromania dan Drago Tifoso, kelompok suporter pendukung Persibo, juga berpotensi memberi tekanan tersendiri bagi Laskar Sambernyawa.

“Saya harap anak-anak bisa menempa mental tandang mereka di laga besok [Minggu],” ujar Pelatih Persis, Jafri Sastra, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (9/6/2018).

Jafri Sastra diperkirakan akan menurunkan skuat inti untuk menghadapi anak asuh Jordi Kartiko. Hanya Dedi Cahyono yang kemungkinan tidak turun sebagai starter untuk menjaga kondisinya selepas cedera. Posisinya akan digantikan Sunarto. Adapun Jafri akan bereksperimen di lini belakang dengan memainkan Asyraf Ghufron sebagai bek kanan menggantikan Iqbal Samad. Sementara jantung pertahanan dipercayakan pada Absor Fauzi dan Ikhwan Ciptady.

Pelatih fisik Persis, Budi Kurnia, mengaku tim mempersiapkan diri amat serius di laga melawan Persibo. “Mereka tim solid, terbukti mampu menahan Madura United di waktu normal,” ujarnya.

Sementara itu, sekitar 5.000 pendukung Persis diperkirakan akan ngluruk ke Bojonegoro untuk mendampingi tim kesayangannya. DPP Pasoepati sendiri telah mencatat sedikitnya ada 2.000 anggota terkoordinasi yang akan berangkat ke Bojonegoro, Minggu siang. Menteri Luar Negeri Pasoepati, Agie Taufik Hidayat, memperkirakan jumlah itu masih bisa bertambah karena pendataan terus dilakukan hingga Sabtu malam.

“Angka 2.000 itu baru data sampai Sabtu sore, kemungkinan bisa nambah lagi,” ujar Agie. 

Tokopedia