Profil Tim Piala Dunia 2018: Panama Jalani Debut World Cup

Timnas Panama. (Reuters)
11 Juni 2018 03:09 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Panama akan menjalani debut di putara final Piala Dunia 2018 di Rusia. Bersama Meksiko dan Kosta Rika, dua negara ini menjadi wakil Amerika Tengah dalam gelaran Piala Dunia edisi 2018.

Pelatih kepala Panama, Hernan Dario Gomez, telah menunjuk 23 nama yang akan mengisi skuat mereka di Rusia nanti. Ada 10 pemain (Jaime Penedo, Jose Calderon, Roman Torres, Adolfo Machado, Felipe Baloy, Gabriel Gomez, Armando Cooper, Alberto Quintero, Blas Perez, dan Luis Tejada) yang telah berusia lebih dari 30 tahun yang terdaftar di skuat Panama untuk Piala Dunia, menjadikan mereka sebagai tim dengan rataan umur tertua di Piala Dunia nanti.

Namun, skuat mereka juga dihuni oleh pemain muda yang baru mengoleksi satu cap. Adalah Jose Luis Rodrigues, pemain yang membela klub junior KAA Gent, klub asal Belgia. Rodrigues berusia 19 tahun dan baru mencatatkan debutnya dalam laga uji coba melawan Irlandia Utara baru-baru ini.

Blas Perez menjadi salah satu pemain Panama yang disorot. Penyerang asal klub Municipal ini mengemas 11 gol sepanjang babak kualifikasi zona CONCACAF.

Panama mencatat penampilan gemilang Los Canaleros selama babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Concacaf. Pada laga terakhir kualifi­kasi, Panama menga­lahkan Kosta Rika 2-1. Pada saat bersamaan, Amerika Serikat yang difavoritkan bakal lolos justru takluk 1-2 dari Trinidad and Tobago.

Dengan hasil tersebut, Timnas Panama finis di peringkat ketiga Zona Concacaf dengan me­ngum­pulkan 13 poin dari 3 kali menang, 4 kali imbang, dan 3 kali kalah.

Los Canaleros lolos langsung ke Rusia bersama pimpinan klasemen Meksiko yang memiliki 21 poin dan peringkat kedua Kosta Rika (16 poin).

Sementara, Honduras (13 poin) yang menempati peringkat keempat, harus menjalani play-off mela­wan Australia untuk memperebut­kan satu tiket tersisa.

Di Rusia 2018, Panama bakal memperebutkan tiket ke 16 besar bersama Inggris, Belgia, dan Tunisia di Grup G. Berikut skuat timnas Panama di Piala Dunia 2018 Rusia.

Berikut daftar skuad Panama untuk Piala Dunia 2018 seperti dikutip Solopos.com dari Reuters, Jumat (8/6/2018);

Kiper: Jaime Penedo (Dinamo Bucarest), Jose Calderon (Chorrillo), Alex Rodriguez (San Francisco).

Bek: Felipe Baloy (Municipal), Harold Cummings (San Jose Earthquakes), Eric Davis (Dunajska Streda), Fidel Escobar (New York Red Bulls), Adolfo Machado (Houston Dynamo), Michael Murillo (New York Red Bulls), Luis Ovalle (Olimpia), Roman Torres (Seattle Sounders).

Gelandang: Edgar Barcenas (Cafetaleros de Tapachula), Armando Cooper (Universidad de Chile), Anibal Godoy (San Jose Earthquakes), Gabriel Gomez (Atletico Bucaramanga), Valentin Pimentel (Plaza Amador), Alberto Quintero (Universitario), Jose Luis Rodriguez (Ghent).

Penyerang: Abdiel Arroyo (Alajuelense), Ismael Diaz (Deportivo La Coruna), Blas Pérez (Municipal), Luis Tejada (Sport Boys), Gabriel Torres (Huachipato).