Profil Tim Piala Dunia 2018: Tunisia Punya Sejarah Buruk

Timnas Tunisia (Reuters/Denis Balibouse)
11 Juni 2018 12:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Tunisia menjadi salah satu kontestan di Piala Dunia 2018. Mereka pun lolos ke putaran final turnamen terakbar empat tahunan itu setelah absen selama 12 tahun.

Tunisia sendiri tak memiliki sejarah bagus di putaran final Piala Dunia. Dalam tiga edisi terakhir yang mereka ikuti, Tunisia selalu tersingkir di fase grup. Menariknya, catatan dari ketiga edisi itu selalu sama yakni meraih sekali imbang dan dua kekalahan.

Tokopedia

Kemenangan terakhir yang diraih Tunisia di Piala Dunia adalah pada edisi 1978 silam di Argentina. Kala itu, Tunisia mampu mengalahkan Meksiko. Perlu diketahui, Piala Dunia 1978 merupakan keikutsertaan perdana mereka di ajang ini. Setelah itu, mereka kerap jeblok.

Padahal, Tunisia merupakan salah satu tim yang cukup kuat di Afrika. Mereka pernah memenangi Piala Afrika pada 2004. Selain itu, Tunisia pernah dua kali menjadi runner up serta sekali menjadi juara ketiga. Memang catatan itu masih kalah mentereng dari tim Afrika lainnya namun tetap mereka dianggap tim kuat.

Meski punya sejarah buruk di Piala Dunia, Tunisia patut optimistis di Piala Dunia 2018 kali ini. Maklum, mereka memiliki bekal bagus di fase kualifikasi. Pergantian pelatih dari Henryk Kasperczak menjadi Nabil Maaloul membuahkan hasil.

Kasperczak dipecat karena gagal membawa Tunisia melaju ke semifinal di Piala Afrika 2017. Nabil Maaloul pun menggantikan perannya dan sukses mengantar ke Piala Dunia 2018. Di babak kualifikasi Zona Afrika, Tunisia menjadi juara Grup A dengan catatan enam kali menang dan dua kali imbang.

Tunisia memang tak memiliki pemain tenar. Namun, di Piala Dunia 2018 nanti, mereka bisa mengandalkan Youssef Msakni. Striker tim asal Qatar, Al-Duhail, itu merupakan andalan Tunisia di lini depan. Dia kerap menjadi penentu kemenangan Tunisis selama fase Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Tuah Msakni pun sangat diharapkan. Apalagi, Tunisia akan menghadapi persaingan berat di Grup G Piala Dunia 2018. Mereka akan bersaing dengan Inggris, Belgia, dan Panama. Belgia dan Inggris tentu menjadi lawan yang paling berat apalagi keduanya yang diunggulkan untuk lolos dari fase grup.

Berikut skuat Timnas Tunisia di Piala Dunia 2018

Kiper: Farouk Ben Mustapha, Moez Hassen, Aymen Mathlouthi

Bek: Rami Bedoui, Yohan Benalouane, Syam Ben Youssef, Dylan Bronn, Oussama Haddadi, Ali Maaloul, Yassine Meriah, Hamdi Nagguez

Gelandang: Anice Badri, Mohamed Amine Ben Amor, Ghaylene Chaalali, Ahmed Khalil, Saifeddine Khaoui, Ferjani Sassi, Ellyes Skhiri, Naim Sliti, Bassem Srarfi

Penyerang: Fakhreddine Ben Youssef, Saber Khalifa, Wahbi Khazri