Belgia Tak Terkalahkan Hampir Dua Tahun

Timnas Belgia (Reuters/Eric Vidal)
11 Juni 2018 18:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BRUSSEL — Predikat apa yang bakal Anda berikan pada tim yang tak pernah kalah dalam periode hampir dua tahun? Ya, setelah ditekuk Spanyol 0-2 dalam laga persahabatan September 2016 silam, Timnas Belgia belum sekalipun merasakan sakitnya ditumbangkan.

Total 15 kemenangan dan tiga hasil imbang mengiringi sepak terjang Rode Duivels, julukan Belgia, seusai kekalahan terakhirnya. Terbaru, Eden Hazard dkk. menggasak Mesir dengan skor meyakinkan 3-0 di Brussel. Kemenangan itu sekaligus melanjutkan rekor clean sheet mereka di tiga pertandingan sebelumnya melawan Jepang, Arab Saudi dan Portugal.

Performa konsisten ini pun membuat Belgia tak lagi sekadar dilabeli predikat kuda hitam seperti di ajang-ajang sebelumnya, melainkan mulai diunggulkan sebagai kandidat juara Piala Dunia (PD) 2018. “Semua menginginkan trofi itu, 32 tim yang bermain di Piala Dunia,” ujar gelandang Belgia, Kevin De Bruyne, seperti dilansir Sport Mole, Sabtu (9/6/2018).

Sebelum membuktikan diri bukan lagi sekadar kuda hitam, generasi emas Belgia akan diuji Kosta Rika dalam uji coba terakhir jelang fase grup Piala Dunia. Rode Duivels tentu tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk semakin memantapkan mental sebelum menjalani laga perdana PD melawan Panama, 18 Juni 2018.

Syaratnya, Belgia wajib menang, kalau perlu dengan skor mencolok, saat menghadapi Kosta Rika di Stade Roi Baudouin, Brussel, Selasa (12/6/2018) dini hari WIB. “Semua berusaha mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan Anda butuh segalanya, grup yang bagus, performa yang bagus dan kondisi lingkungan yang bagus,” sambung De Bruyne.

Kosta Rika sendiri tak dalam situasi ideal setelah ditekuk Inggris 0-2 dalam uji coba terakhirnya di Elland Road, 8 Juni 2018. Itu adalah kekalahan keempat mereka dari enam laga uji coba terbaru jelang Piala Dunia di Rusia. Saat bertanding melawan Inggris, penggawa Los Ticos seperti kelelahan setelah menjalani penerbangan cukup lama dari Amerika Tengah. Kondisi Bryan Ruiz dkk. tentu diharapkan lebih baik saat meladeni Rode Duivels.