Ditelikung Madrid, Spanyol Pecat Julen Lopetegui Jelang Piala Dunia 2018

Julen Lopetegui saat mendampingi tim Spanyol saat melawan Argentina di Wanda Metropolitano, Madrid, 27 Maret 2018. (Reuters / Juan Medina)
13 Juni 2018 19:30 WIB Adib Muttaqin Asfar Dunia Share :

Solopos.com, KRASNODAR -- Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Rabu (13/6/2018), membuat keputusan mengejutkan dengan memecat Julen Lopetegui dari kursi pelatih kepala Tim Matador. Pemecatan itu dilakukan hanya sehari sebelum pembukaan Piala Dunia 2018 atau dua hari sebelum Spanyol bersua Portugal.

RFEF beralasan pemecatan itu dilakukan karena Lopetegui tidak memberitahu kesepakatannya bergabung dengan Real Madrid setelah Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, Madrid tiba-tiba mengumumkan Lopetegui sebagai pelatih baru klub itu musim depan. Padahal, dia baru saja menandatangani perpanjangan kontrak dengan timnas Spanyol dan tak terkalahkan dalam 20 pertandingan.

Sementara itu, saat mengumumkan pemecatan, Kepala RFEF Luis Rubiales mengatakan pengganti Lopetegui akan diumumkan segera. Menurut Rubiales, RFEF mengaku telah mengetahui kepindahan Lopetegui itu lima menit sebelum pengumuman resmi oleh manajemen Real Madrid.

"Sang pelatih, saat dia masih bekerja dengan RFEF tidak bisa berbuat seperti ini. Saya mengetahui hal itu melalui sambungan telepon 5 menit sebelum pengumuman resmi. Kami harus melakukan itu [pemecatan]," kata Rubiales dalam konferensi pers di Krasnodar, Rusia, Rabu, dilansir Reuters.

Rubiales menekankan, jika ada pihak lain yang ingin bicara dengan orang yang bekerja di bawah RFEF, seharusnya federasi diajak berbicara. Maksudnya, seharusnya Real Madrid memberitahu federasi jika ingin "membajak" pelatihnya. Apalagi, timnas Spanyol sedang menghadapi Piala Dunia.

"Saya tidak merasa dikhianati, masalahnya adalah hal yang seharusnya dilakukan tapi tidak dilakukan pada RFEF. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa kami terima," kata dia.

Meski keputusan Lopetegui mengejutkan, namun langkah RFEF memecat pelatih menjelang turnamen juga tak kalah mengejutkan. Spanyol adalah salah satu favorit tim yang lolos dari Grup B Piala Dunia 2018.

Namun, Rubiales menampik pihaknya berpikir buruk tentang Lopetegui yang menggantikan Vicente del Bosque setelah Euro 2016. "Kami ingin berterima kasih pada Julen atas apa yang dia lakukan, dan dia adalah orang di balik keberhasilan kami ke Rusia [lolos Piala Dunia 2018]. Tapi kami harus melepasnya."

Tokopedia