Profil Tim Piala Dunia 2018: Polandia: Andalkan Ketajaman Lewandowski

Timnas Polandia. (Reuters)
14 Juni 2018 06:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Polandia akan mengandalkan nama-nama besar yang tampil di Liga top Eropa dalam skuat final Piala Dunia 2018 di Rusia kali ini. Meski dihuni pemain-pemain top, Polandia masih terbilang inferior bila dibandingkan negara besar eropa seperti Jerman, Spanyol atau Italia.

Polandia lolos sebagai juara Grup E Zona Eropa dengan status sebagai salah satu tim yang paling produktif sepanjang babak kualifikasi. Polandia mencetak 28 gol dari 10 pertandingan. Mereka hanya sekali kalah saat melawan Denmark, sekali imbang 2-2 atas Kazakstan, dan 8 laga lainnya menang.

Hasil itu pun menjadi modal berharga bagi Bialo-czerwoni (Tim Putih Merah) di Rusia nanti. Polandia berharap mampu mengulang pre­s­tasi mereka pada saat Piala Dunia 1974 dan 1982 lalu ketika mereka finis sebagai peringkat ketiga.

Polandia berada di peringkat ke-7 FIFA per tahun 2017 yang berarti masuk salah satu dari 10 besar negara yang diunggulkan. Mereka bermain di bawah asuhan coach Adam Nawalka pada Piala Dunia 2018.

Robert Lewandowski bermodalkan 16 gol selama babak kualifikasi akan menjadi andalan Polandia di lini depan.

Tampil memesona di babak kualifikasi membuat publik Polandia dan sang pelatih Adam Nawalka pun menaruh harapan besar di pundak Lewandowski untuk bisa membawa mereka kembali ke masa kejayaan ”The ­Eagles” pada pertengahan 1970-an hingga 1980-an ketika Polandia menembus peringkat tiga Piala Dunia 1974 dan 1982.

Sejarah Keikutsertaan

Sulitnya Polandia menembus persaingan dengan negara-negara kuat Benua Biru bisa terlihat dari keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Dari 21 kali perhelatan, mereka tercatat baru tujuh kali ambil bagian. Sedangkan, dalam dua perhalatan yakni pada 1934 dan 1954, mereka memilih mundur.

Dari tujuh kali keikutsertaan mereka, dua kali Polandia menorehkan prestasi bagus. Mereka berhasil finis sebagai juara ketiga di Piala Dunia 1974 dan 1982.

Namun, sejak saat itu, grafik mereka cenderung menurun dengan prestasi terbaik hanyalah mencapai babak 16 besar pada edisi 1986. Selebihnya, perjuangan mereka terhenti di fase grup.

Kini, Polandia mencoba membangun asa untuk mengulangi pencapaian puluhan tahun silam itu. Mereka berhasil lolos ke Rusia setelah absen dalam dua edisi terakhir.

Berikut daftar skuad Polandia untuk Piala Dunia 2018 seperti dikutip Solopos.com dari Reuters, Rabu (13/6/2018);

Kiper: Bartosz Bialkowski (Ipswich), Lukasz Fabianski (Swansea City), Wojciech Szczesny (Juventus).

Bek: Jan Bednarek (Southampton), Bartosz Bereszynski (Sampdoria), Thiago Cionek (SPAL), Kamil Glik (Monaco), Artur Jedrzejczyk (Legia Warsaw), Michal Pazdan (Legia Warsaw), Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund).

Gelandang: Jakub Blaszczykowski (Wolfsburg), Jacek Goralski (Ludogorets Razgrad), Kamil Grosicki (Hull City), Grzegorz Krychowiak (Paris St-Germain), Rafal Kurzawa (Gornik Zabrze), Karol Linetty (Sampdoria), Slawomir Peszko (Lechnia Gdansk), Maciej Rybus (Lokomotiv Moscow), Piotr Zielinski (Napoli).

Striker: Dawid Kownacki (Sampdoria), Robert Lewandowski (Bayern Munich), Arkadiusz Milik (Napoli), Lukasz Teodorczyk (Anderlecht).