Ini 5 Fakta Pertandingan Pembuka Piala Dunia 2018 Rusia Vs Arab Saudi

Timnas Arab Saudi dalam sesi latihan (Reuters / Carl Recine)
14 Juni 2018 17:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Piala Dunia 2018 akhirnya dimulai, Kamis (14/6/2018). Meski fokus masih terpecah dengan persiapan perayaan Hari Raya Idulfitri, hal itu tak mengurangi antusias penyuka sepak bola untuk meramaikan Piala Dunia 2018. Partai pembuka akan digelar Kamis malam pukul 22.00 WIB antara tuan rumah Rusia vs Arab Saudi.

Pertandingan pembuka akan digelar di Stadion Luzhniki, Moskow. Wasit Pitana Nestor asal Argentina akan memimpin pertandingan tersebut. Sebelum menyaksikan pertandingan pembuka Piala Dunia 2018, ini lima fakta terkait Rusia vs Arab Saudi;

Tokopedia

1. Peringkat FIFA 

Dalam sejarah Piala Dunia, tuan rumah memang bukan selalu tim yang diunggulkan. Dalam Piala Dunia 2018, Rusia memiliki peringkat FIFA terendah di antara 32 negara peserta Piala Dunia. Rusia berada di peringkat 70 FIFA, sedangkan Arab Saudi berada di peringkat 67.

2. Rusia Punya Saudara Kembar

Rusia memiliki sepasang dan satu-satunya saudara kembar yang akan beraksi di Piala Dunia 2018. Mereka adalah Anton Miranchuk dan Aleksey Miranchuk. Keduanya bermain di Lokomotiv Moscow. Duo bersaudara 22 tahun itu disebut-sebut memiliki peran penting dalam kesuksesan klubnya baru-baru ini.

3. Skuat Arab Saudi Terpendek

Dilansir Times of India, Kamis, dari semua skuat Piala Dunia 2018, Arab Saudi memiliki rata-rata tinggi paling rendah, yaitu 176,2 cm. Di sisi lain, rata-rata tinggi skuat Rusia adalah 184,3 cm.

4. Rusia Tanpa Kemenangan Sejak Oktober 2017

Menjadi tuan rumah membuat Rusia otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Namun, tim berjuluk Sbornaya itu memiliki catatan buruk sejak Oktober 2017 tak pernah merasakan kemenangan. Lima pertandingan persahabatan terakhir empat di antaranya berakhir kalah, satu berakhir seri. Arab Saudi juga tak terlalu bagus, mereka kalah di tiga pertandingan terakhir.

5. Pertandingan Piala Dunia Pertama dengan Video Assistant Referee (VAR)

Rusia vs Arab Saudi akan menjadi pertandingan Piala Dunia pertama yang memberlakukan wasit elektronik. Dalam pertandingan pembuka itu akan dipakai sistem VAR atau asisten wasit berupa teknologi video.