Piala Dunia 2018: Cetak Gol Bersejarah, Islandia Imbangi Argentina di Babak I

Tim Argentina & Islandia memasuki lapangan Spartak Stadium (Reuters/Maxim Shemetov)
16 Juni 2018 20:55 WIB Muhammad Rizal Fikri Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW – Tim Tango Argentina harus menghadapi Islandia di penyisihan Grup D Piala Dunia 2018, Sabtu (16/6/2018) malam Wib. Messi dan kawan-kawan bermain di Spartak Stadium, Moskow, Rusia.

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, memakai formasi 4-2-3-1. Trio Messi, Di Maria, dan Meza akan mensuplai bola untuk Kun Aguero di depan. Di sisi lain, pelatih Islandia, Hallgrimss on Heimir menumpuk pemain di lini tengah dengan memakai formasi 4-5-1.

Islandia mampu mengejutkan Argentina karena mampu menyerang di awal-awal pertandingan. Lini belakang Argentina dibuat kewalahan dengan serangan pemain sayap Islandia. Namun, komposisi pemain tak akan berbohong. Argentina mampu mencuri gol di menit ke-19 melalui sepakan Kun Aguero.

Keunggulan Argentina tak mampu bertahan lama. Meski kalah penguasaan bola, Islandia terus menyerang setiap ada kesempatan. Gol penyama kedudukan terjadi di menit ke-23. Melalui sebuah kemelut di depan gawang, penyerang Alfred Finnbogason mampu menyepak bola ke arah gawang saat kiper Argentina, Caballero, sudah terjatuh. Kedudukan imbang 1-1.

Berdasarkan statistik FIFA, Argentina menguasai penguasaan bola sampai 75%. Argentina menggunakan teknik bola-bola pendek antarpemain untuk mencari celah di pertahanan Islandia. Messi, Meza, Di Maria, Biglia, dan Mascherano berperan penting untuk membangun serangan dan membuka celah di pertahanan Islandia.

Meski demikian, Islandia bukan berarti tanpa serangan. Dengan penguasaan bola hanya 25%, Islandia memiliki delapan peluang, hanya selisih dua peluang dari Argentina. Bola-bola atas dari Islandia cukup menyulitkan Marcos Rojo dan kawan-kawan di lini pertahanan Argentina.

Tanpa banyak pelanggaran yang menyita waktu, babak pertama selesai di menit ke-45. Skor sementara Argentina vs Islandia masih 1-1.

Argentina: Kun Aguero, Meza, Messi, Di Maria, Mascherano, Biglia, Salvio, Otamendi, Marcos Rojo, Tagliafico, Caballero. Pelatih: Jorge Sampaoli

Islandia: Finnbogason, Gudmundsson, Gunnarsson, G. Sigurdsson, Hallfredsson, Bjarnason, Saevarsson, Arnason, R.Sigurdsson, Magnusson, Halldorsson. Pelatih: Hallgrimss on Heimir.

Tokopedia