Wasit Piala Dunia 2018 Ini Pernah Pimpin Laga di Liga Indonesia

Alireza Faghani (Reuters/Kai Pfaffenbach)
18 Juni 2018 20:25 WIB Kahfi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Laga Jerman melawan Meksiko di Piala Dunia 2018 mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya, Jerman yang berstatus sebagai juara bertahan takluk di tangan Meksiko. Namun, bukan hanya hasil itu saja yang mencuri perhatian, wasit Alireza Faghani yang memimpin laga juga mencuri perhatian publik Indonesia.

Jerman kalah dengan skor 0-1 dari Meksiko dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (18/6/2018) malam WIB. Satu-satunya gol Meksiko itu dilesakkan oleh Hirving Lozano pada menit ke-35. Wasit Alireza Faghani tak membuat kepurusan kontroversial di laga itu dan memimpin dengan baik.

Sosok Fgahani sendiri ternyata tak asing bagi publik Indonesia. Wasit asal Iran itu pernah memimpin laga di Liga 1 Indonesia musim lalu. Total enam laga dia pimpin dan mayoritas bertugas di laga besar seperti Persiba Bandung vs Bhayangkara FC, Persija Jakarta vs PS TNI, serta Persipura Jayapura vs Arema FC.

Sebagaimana dilansir dari Thesun.co.uk, Faghani memulai karir sebagai wasit di liga sepak bola teratas Iran. Perjalanan karier Faghani juga moncer. Pada 2014, Faghani tampil sebagai pengadil di laga-laga AFC Champions, sedangkan pada 2015 dia juga dipercaya sebagai penengah di lapangan hijau pada perhelatan AFC Asian Cup.

Pada tahun yang sama, Faghani ikut mensukseskan Club World Cup, dan dua tahun lalu dipercaya sebagai skuad wasit pada Olimpiade 2016. Faghani hingga kini teregistrasi sebagai wasit profesional yang mengawal laga papan atas Liga Indonesia.

Tokopedia