Piala Dunia 2018: Bekuk Korsel, Swedia Menang Tipis 1-0

Swedia merayakan gol pertama di laga grup F Piala Dunia 2018. (Reuters - Matthew Childs)
18 Juni 2018 20:51 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, NIZHNY NOVGOROD - Swedia sukses membuktikan diri telah lepas dari ketergantungan kepada Zlatan Ibrahimovic. Meski hanya menang tipis, skuad asuhan Janne Andersson berhasil membawa pulang tiga poin dan berada satu tingkat di atas raksasa eropa, Jerman, di grup F.

Kemenangan Swedia pada laga perdananya di grup F Piala Dunia 2018, Stadion Nizhny Novgorod, Nizhny Novgorod, Russia, 18 Juni 2018, sebenarnya tak begitu spesial. Swedia hanya mampu menang 1-0 dari Korea Selatan, itupun lewat gol hasil eksekusi penalti. Sebaliknya, Korea Selatan yang menyandang status sebagai kuda hitam, nyaris mampu mengimbangi Swedia.

Babak Pertama

Korea Selatan memulai laga dengan baik. Beberapa peluang nyaris tercipta, namun usaha mereka selalu gagal menembus pertahanan Swedia yang kali ini tidak diperkuat andalan mereka yakni Victor Lindelof karena sakit.

Sayangnya hingga menit 10, Swedia masih belum menguasai permainan di bawah cuaca yang begitu panas di Novgorod saat ini. Menit 15, justru Swedia akhirnya mampu memberi tekanan yang berarti.

Beberapa kali Swedia mampu menembus pertahanan Korea Selatan dan menghasilkan beberapa peluang. Salah satunya melalui Marcus Berg yang mendapat kesempatan berhadapan langsung dengan kiper Korea Selatan yakni Cho Hyun-woo. Akan tetapi sepakannya masih mampu menyentuh kaki sang kiper yang menyebabkan bola melebar.

Tekanan yang datang dari Swedia, membuat Korea Selatan sedikit kocar-kacir di barisan pertahanan. Mereka sesekali hanya mencoba untuk melakukan serangan balik yang cukup mengancam pertahanan Swedia hingga menit 35.

Jelang pertandingan berakhir, Swedia masih mencoba untuk menekan pertahanan Korsel. Tetapi barisan belakang Ksatria Taeguk -julukan Timnas Korea Selatan- mampu menahan serangan yang terus dilancarkan Andreas Granqvist dan kawan-kawan. Skor kacamata mengakhiri laga babak pertama.

Babak Kedua


Di babak kedua, Swedia mendominasi laga dengan beberapa serangan di awal pertandingan. Salah satunya melalui peluang Emil Fosberg melakukan tembakan ke gawang Korea Selatan. Namun tendangannya tersebut melambung tinggi di atas gawang.

Pada menit 50, Korea Selatan mencoba peruntungan lewat Kim Shin-wook yang mendapat umpan silang dari rekannya mencoba untuk memanfaatkan bola dengan melakukan sundulan. Sayang bola hanya mengenai mistar gawang dan tak mampu mengoyak jala Swedia.

Meski begitu, Swedia masih mendominasi jalannya pertandingan dengan serangan bertubi-tubi yang diberikan ke gawang Korea Selatan. Hingga akhirnya keberuntungan datang bagi Swedia pada menit 64.

Tim asuhan Janne Andersson itu mendapat hadiah tendangan penalti setelah pemain Victor Claesson dijatuhkan di kotak terlarang oleh Kim Min-woo. Hadiah penalti itu diberikan kepada Swedia setelah sang wasit melihat VAR.

Pada menit 65, gol pertama untuk keunggulan Swedia pun terjadi setelah Andreas Granqvist mampu menjalankan tugasnya dengan baik untuk menjebol gawang Korea Selatan. Sang kapten pun sukses membawa keunggulan 1-0 bagi Swedia.

Jelang lima menit laga berakhir, Korea Selatan mencoba untuk bangkit dan memburu gol penyeimbang. Namun Swedia juga tak tinggal diam dengan memperketat pertahanan mereka, sembari sesekali melakukan serangan balik.

Hingga akhirnya peluit panjang tanda laga usai dibunyikan sang wasit. Swedia sukses meraih tiga poin dengan kemenangan tipis atas Korea Selatan 1-0.

Susunan Pemain

Swedia: Olsen; Granqvist, Jansson, Augustinsson, Lustig, Forsberg, Ekdal, Larsson, Claesson, Toivonen, Berg.

Korea Selatan: Hyunn-woo; Hyun-soo, Young-gwon, Lee Yong, Joo-ho, Jae-sung Il, Sung-yeung, Ja-cheol, Hee-Chan, Heung-min, Shin-wook.