Rafael Marquez Ukir Sejarah, Tampil di 5 Edisi Piala Dunia

19 Juni 2018 12:25 WIB Moh Khodiq Duhri Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Kemenangan 1-0 Meksiko atas juara bertahan Jerman menjadi kejutan di gelaran Piala Dunia 2018. Namun, masih ada fakta menarik lain yang patut disimak yakni keberhasilan pemain veteran Rafael Marquez mencatatkan rekor tampil di lima gelaran Piala Dunia.

Pemain berusia 39 tahun itu masuk dalam buku sejarah turnamen sepakbola paling bergengsi di jagad raya ini. Mantan penggawa Barcelona itu resmi menjadi pemain ketiga sepanjang sejarah yang bisa bermain dalam lima edisi Piala Dunia.

Wajar bila pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio langsung mendatangi Marquez dan memberi pelukan begitu laga usai. Mereka lalu berpesta bersama merayakan rekor yang semakin sempurna dengan raihan kemenangan.

Rafael Marquez mengawali pertandingan dari bangku cadangan saat Meksiko sudah memimpin 1-0 lewat gol Hirving Lozano. Ia masuk pada menit ke-74 menggantikan kapten Meksiko, Andres Guardado, yang kemudian memberikan ban kapten kepada Marquez. Strategi Juan Carlos Osorio yang ingin mempertahankan keunggulan dengan menurunkan Marquez terbukti ampuh.

Faktor usia tak menjadi penghalang bagi Marquez untuk tampil solid di lini belakang. Meski Jerman tampil lebih agresif untuk mengejar ketertinggalan, Marquez menjadi benteng tangguh yang menahan gempuran serangan sang juara bertahan.

Marquez pun menyamai rekor yang ditorehkan seniornya di Timnas Meksiko yakni Antonio Carbajal yang turun di Piala Dunia 1950, 1954, 1958, 1962 hingga 1966. Mantan pemain Jerman, Lothar Matthaus juga menorehkan sejarah yang sama setelah tampil di Piala Dunia 1982, 1986, 1990, 1994 dan 1998.

Marquez mencatatkan debut bersama Timnas Meksiko sejak masih berusia 18 tahun, tepatnya pada 1997 silam. Total sudah 144 penampilan dicatatkan Marquez. Dia menyumbangkan 17 gol bagi negaranya di semua kompetisi.

“Saya merasa sangat baik hingga sisa pertandingan. Tidak ada yang berpikir bahwa kami dapat melakukan ini. Kami memiliki budaya pesimis di Meksiko, tetapi kami memiliki mental yang tangguh. Saya tidak berpikir tentang Piala Dunia kelima. Permainan [selanjutnya] sudah dekat dan saya hanya ingin melakukan pekerjaan saya. Itu adalah momen dengan banyak tekanan,” kata Rafael Marquez seperti dilansir Espn.com, Senin (18/6/2018).

Tokopedia