Sempat Unggul, Jepang Ditahan 1-1 Kolombia di Babak Pertama

Shinji Kagawa berhasil membawa Jepang unggul di awal babak pertama. (Reuters)
19 Juni 2018 19:50 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SARANSK - Laga pembuka grup H Piala Dunia 2018 antara Jepang dan Kolombia di Mordovia Arena, Saransk, Russia, Selasa (19/6/2018) berlangsung ketat. Jepang sempat membuka keunggulan lewat gol Shinji Kagawa pada awal babak pertama. Namun, keunggulan ini tak bertahan setelah Juan Quintero melesatkan gol lewat tendangan bebas menjelang laga berakhir.

Jepang sebetulnya telah membuka laga dengan baik. Meski lebih banyak ditekan, serangan cepat Jepang berbuah hasil. Jepang mendapat hadiah penalti karena sepakan Shinji Kagawa yang mengarah ke gawang dihentikan Carlos Sanchez menggunakan tangannya di kotak penalti.

Sanchez pun dianggap wasit melakukan hal tersebut dengan sengaja dan mendapat ganjaran keras yakni kartu merah. Kagawa yang dipercaya mengeksekusi tendangan penalti sukses melakukan tugasnya dengan baik pada menit keenam. Gol yang ia lesakkan ke gawang berhasil mengantarkan Jepang unggul dengan skor 0-1.

Ketinggalan satu gol membuat Kolombia geram. Tim berjuluk Los Cafeteros itu langsung tampil menekan dan mengincar gol penyeimbang. Akan tetapi barisan pertahanan Jepang yang dimotori Maya Yoshida selalu berhasil menghadang serangan bertubi-tubi dari Kolombia.

Jepang pun tak ingin puas dengan keunggulan satu gol tersebut. Kagawa dan kawan-kawan juga berusaha mengatur serangan untuk bisa mendobrak kembali daya serang Kolombia yang hanya bermain dengan 10 orang.

Kedua tim pun mencoba untuk saling di sepanjang laga berlangsung. Akan tetapi dominasi dipegang Kolombia yang memang berhasrat mencetak gol. Pada menit 34, Kolombia nyarsi mencetak gol melalui aksi Radamel Falcao. Meneruskan umpan Juan Quintero, Falcao berhasil menggapainya. Sayang tembakannya masih lemah.

Hingga akhirnya gol yang ditunggu Kolombia pun datang pada menit 39. Mendapat kesempatan tendangan bebas di dekat kotak penalti Jepang, Quintero dengan cerdik melakukan tendangan datar ke arah gawang Jepang.

Barisan pagar betis Jepang pun terkecoh dan bola berhasil meluncur deras ke gawang Eiji Kawashima. Meski berhasil ditangkap sang kiper, tetapi bola telah terlebih dahulu masuk ke gawang Jepang. Gol tersebut pun mengubah keadaan menjadi imbang 1-1.

Usai hasil imbang, tempo permainan kedua tim sedikit berubah. Meski sesekali mencoba untuk menakan, tetapi skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga laga babak pertama usai.

Susunan Pemain:

Kolombia: Ospina, Murillo, Sanchez, Mojica, Arias, Sanchez, Lerma, Izquiredo, Quintero, Cuadrado, Falcao.

Jepang: Kawashima, Yoshida, Shoji, Sakai, Nagatomo, Shibasaki, Hasebe, Haraguchi, Kagawa, Inui, Osako.

Tokopedia