Piala Dunia 2018: Jepang Empaskan Kolombia 2-1

Jepang merayakan gol kedua. (Reuters)
19 Juni 2018 20:53 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SARANSK -  Jepang, secara mengejutkan berhasil menuntaskan perlawanan Kolombia di laga pembuka grup H Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Mordovia Arena, Saransk, Russia, Selasa (19/6/2018). Jepang membuka keunggulan lewat gol Shinji Kagawa pada awal babak pertama dan mengakhiri laga dengan gol yang dicetak Yuya Osako. 

Babak Pertama

Jepang sebetulnya telah membuka laga dengan baik. Meski lebih banyak ditekan, serangan cepat Jepang berbuah hasil. Jepang mendapat hadiah penalti karena sepakan Shinji Kagawa yang mengarah ke gawang dihentikan Carlos Sanchez menggunakan tangannya di kotak penalti.

Sanchez pun dianggap wasit melakukan hal tersebut dengan sengaja dan mendapat ganjaran keras yakni kartu merah. Kagawa yang dipercaya mengeksekusi tendangan penalti sukses melakukan tugasnya dengan baik pada menit keenam. Gol yang ia lesakkan ke gawang berhasil mengantarkan Jepang unggul dengan skor 0-1.

Ketinggalan satu gol membuat Kolombia geram. Tim berjuluk Los Cafeteros itu langsung tampil menekan dan mengincar gol penyeimbang. Akan tetapi barisan pertahanan Jepang yang dimotori Maya Yoshida selalu berhasil menghadang serangan bertubi-tubi dari Kolombia.

Jepang pun tak ingin puas dengan keunggulan satu gol tersebut. Kagawa dan kawan-kawan juga berusaha mengatur serangan untuk bisa mendobrak kembali daya serang Kolombia yang hanya bermain dengan 10 orang.

Kedua tim pun mencoba untuk saling di sepanjang laga berlangsung. Akan tetapi dominasi dipegang Kolombia yang memang berhasrat mencetak gol. Pada menit 34, Kolombia nyarsi mencetak gol melalui aksi Radamel Falcao. Meneruskan umpan Juan Quintero, Falcao berhasil menggapainya. Sayang tembakannya masih lemah.

Hingga akhirnya gol yang ditunggu Kolombia pun datang pada menit 39. Mendapat kesempatan tendangan bebas di dekat kotak penalti Jepang, Quintero dengan cerdik melakukan tendangan datar ke arah gawang Jepang.

Barisan pagar betis Jepang pun terkecoh dan bola berhasil meluncur deras ke gawang Eiji Kawashima. Meski berhasil ditangkap sang kiper, tetapi bola telah terlebih dahulu masuk ke gawang Jepang. Gol tersebut pun mengubah keadaan menjadi imbang 1-1.

Usai hasil imbang, tempo permainan kedua tim sedikit berubah. Meski sesekali mencoba untuk menakan, tetapi skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga laga babak pertama usai.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, baik Kolombia dan Jepang mencari cara untuk bisa menekan pertahanan lawan. Tetapi Jepang yang unggul dalam jumlah pemain beberapa kali mampu menemukan celah pertahanan Kolombia hingga lima menit pertama.

Tapi Jepang tetap menjaga konsistensinya dengan mendominasi penguasaan bola di sepanjang pertandingan. Sementara Kolombia hanya mencoba untuk melakukan serangan balik sambil berjaga-jaga di garis pertahanan.

Pada menit 59, Kolombia secara tidak diduga menarik Juan Quintero yang mampu menyeimbangkan skor di babak pertama. Quintero di tarik keluar dan memasukkan bintang mereka yakni James Rodriguez yang tidak tampil sebagai starting karena memiliki masalah dengan cedera betis.

Kehadiran Rodriguez pun bekerja dengan baik. Beberapa kali Kolombia mampu mengancam pertahanan Jepang. Akan tetapi Jepang membuat langkah maju dalam laga kali ini. Dominasinya pun berbuah manis pada menit 73.

Memanfaatkan umpan tendangan pojok dari Keisuke Honda, Yuya Osako mampu menyambutnya dengan baik melalui sundulan. Meski sempat membentur tiang gawang, tetapi bola tetap masuk mengarah ke gawang. Skor 2-1 untuk keunggulan Jepang.

Tertinggal satu gol, Kolombia langsung panas. Keberadaan Rodriguez benar-benar membuat Kolombia memiliki harapan untuk menyamakan kedudukan. Gol pun nyaris terjadi kala Rodriguez mendapat peluang terbuka pada 78. Sayang tembakan kerasnya di kotak penalti masih mampu dicegah oleh pemain Jepang.

Kolombia yang terus berusaha membuat gol penyeimbang akhirnya menyerah dari Jepang setelah wasit meniup peluit panjang. Skor 2-1 berakhir untuk kemenangan Jepang. Kemenangan Jepang ini sekaligus membalaskan dendam mereka di Piala Dunia 2014 yang takluk dari Kolombia dengan skor 1-4.

Susunan Pemain:

Kolombia: Ospina, Murillo, Sanchez, Mojica, Arias, Sanchez, Lerma, Izquiredo (Bacca), Quintero (J. Rodriguez), Cuadrado (Barios), Falcao.

Jepang: Kawashima, Yoshida, Shoji, Sakai, Nagatomo, Shibasaki (Yamaguchi), Hasebe, Haraguchi, Kagawa (Honda), Inui, Osako (Okazaki).