Piala Dunia 2018: Sejarah Baru Tim Samurai Biru

Jepang (Reuters/Damir Sagolj)
20 Juni 2018 13:25 WIB Moh Khodiq Duhri Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Sejarah baru ditorehkan Jepang di perhelatan Piala Dunia setelah meraih kemenangan 2-1 atas Kolombia pada laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018). Tim berjulukan Samurai Biru ini menjadi tim pertama dari Asia yang mampu mengalahkan tim asal Amerika Selatan dalam putaran final Piala Dunia.

Gelandang Kolombia, Carlos Sanchez, harus mengakhiri laga lebih cepat karena mendapat kartu merah pada menit ke-2 lebih 56 detik. Itu adalah kartu merah tercepat kedua dalam sejarah Piala Dunia, setelah pemain Uruguay Jose Alberto Batista pada laga melawan Skotlandia pada 1986 (54 detik). Sanchez terlihat jelas menghalau bola dengan lengan kanan di kotak terlarang sehingga wasit tidak ragu mengeluarkan kartu merah.

Shinji Kagawa sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti dan membawa Jepang unggul 1-0 pada menit ke-6. Meski bermain dengan 10 pemain, Kolombia masih bisa menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Juan Quintero pada menit ke-38.

Masuknya James Rodriguez untuk menggantikan Quintero pada babak kedua tidak banyak membantu Kolombia. Justru Jepang sukses menyudahi pertandingan dengan kemenangan setelah Yuya Osako mencetak gol melalui tandukan pada menit ke-72. Dengan hasil ini, untuk sementara Jepang memimpin klasemen Grup H dengan tiga poin dan Kolombia berada di posisi juru kunci.

Jepang juga mampu mengakhiri catatan buruk tak pernah menang dalam enam laga terakhir di gelaran Piala Dunia yang berlangsung di benua Eropa. Dari enam edisi Piala Dunia, Jepang mampu dua kali menang di laga pembuka, termasuk saat mengalahkan Kolombia dengan skor 2-1. 

Tokopedia