Piala Dunia 2018: Iran Termotivasi, Spanyol Harus Hati-Hati

Timnas Spanyol (Reuters/Heino Kalis)
20 Juni 2018 19:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, KAZAN — Pergantian pelatih dua hari sebelum Piala Dunia 2018 dimulai sempat membuat publik Spanyol ketar-ketir. Kemampuan Fernando Hierro yang masih baru di dunia kepelatihan dikhawatirkan tak sebanding dengan Julen Lopetegui yang belum pernah kalah saat membesut La Furia Roja. Namun keraguan itu perlahan terkikis seusai laga perdana Spanyol melawan Portugal di Grup B Piala Dunia 2018.

Meski hanya bermain imbang 3-3 melawan Portugal, La Furia Roja tetap menunjukkan karakter dengan menguasai pertandingan lewat ball possession. Spanyol bahkan mampu menguasai bola hingga 66% dengan menciptakan sedikitnya 11 peluang. Hierro tampak tak berniat membuang blueprint Lopetegui yang terbukti sukses selama dua tahun terakhir.

Perbedaannya, Hierro memberi sentuhan khusus dalam penyelesaian akhir Diego Costa dkk. Terbukti mereka lebih efektif memanfaatkan setiap peluang di laga melawan Portugal. Legenda Real Madrid itu juga punya “emosi” yang tak dimiliki Lopetegui di pinggir lapangan.

Melawan Iran dalam laga kedua Grup B Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kamis (21/6/2018) dini hari WIB, Spanyol tentu pantang mengendurkan intensitasnya jika ingin meraih kemenangan perdana di Rusia. Iran sendiri tak bisa dipandang remeh karena mampu menekuk Maroko dengan skor 1-0 di laga pembuka. Meski kemenangan itu berbau keberuntungan karena ditentukan lewat gol bunuh diri lawan di injury time, Ali Beiranvand dkk. telah menunjukkan semangat tinggi untuk meraih kemenangan perdana mereka di Piala Dunia.

“Tim ini [Iran] bermain dengan hati dan rasa bangga, semuanya sangat termotivasi. Anda harus mempersiapkan diri dengan baik jika melawan tim seperti ini,” ujar gelandang Spanyol, Isco, seperti dilansir ESPN, Selasa (19/6/2018).

Iran diyakini bakal tampil dengan kepercayaan diri lebih seusai mengandaskan Maroko. Striker mereka, Sardar Azmoun, menjadi pemain yang perlu diwaspadai barisan belakang La Furia Roja. Meski tak mencetak gol saat melawan Maroko, catatan Azmoun yang mampu mencetak 23 gol dalam 33 penampilannya bersama Iran tentu cukup mengkhawatirkan bagi Sergio Ramos dkk.

Kiper Iran, Ali Beiranvand, bahkan sesumbar Spanyol bakal kesulitan saat melawan timnya. “Semua orang tahu Spanyol adalah salah satu tim terbaik sepanjang sejarah. Namun satu yang bisa saya pastikan, mereka tak akan punya waktu santai menghadapi kami,” ujarnya dilansir Sky Sports.

Tokopedia