Piala Dunia 2018: Tekuk Peru 1-0, Prancis Lolos Fase Grup

Dua pemain Prancis Adil Rami dan Olivier Giroud merayakan kemenangan atas Peru. (Reuters - Darren Staples)
21 Juni 2018 23:57 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, YEKATERINBURG - Keunggulan Prancis di babak pertama akhirnya berlanjut hingga laga berakhir. Peru tak mampu mencetak gol meski pada babak kedua tampil lebih menekan. Masuknya sejumlah pemain dengan karakter menyerang nyatanya tak mampu menolong Peru. Sebaliknya, Prancis yang menarik tiga bintangnya di babak kedua justru mampu tampil rapi.

Prancis menjalani laga yang cukup sulit menghadapi Peru di laga lanjutan grup C Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Ekaterinburg Arena, Yekaterinburg, Rusia, Kamis (21/6/2018). Sempat mengalami kebuntuan, Prancis akhirnya mencetak gol lewat Kylian Mbappe memanfaatkan bola liar hasil tembakan Olivier Giroud.

Babak Pertama

Les Bleus tampaknya ingin mengincar gol cepat guna bisa meraih kemenangan, sekaligus memastikan satu tempat di babak 16 besar. Griezmann mendapatkan percobaan pertamanya untuk mencetak gol pada menit ke-11 tetapi tendangannya dari dalam kotak penalti masih melebar dari gawang Peru.

Satu menit kemudian giliran gelandang Paul Pogba yang memberikan ancaman kepada Peru, namun masih menyamping di sisi kanan. Upaya kedua Griezmann pada menit ke-16 juga bisa diblok kiper Peru, Pedro Gallese.

Meski terus ditekan, Peru masih bisa membahyakan gawang Prancis. Pada menit ke-31 tendangan kaki kiri striker Paulo Guerrero dari dalam kotak penalti masih bisa diblok Hugo Lloris.

Upaya Prancis untuk membobol gawang Peru sejak menit awal membuahkan hasil pada menit ke-34. Sontekan pemain muda Kylian Mbappe membuat Prancis unggul 1-0.

Gol Mbappe itu berawal dari umpan Pogba kepada Giroud. Striker Chelsea itu lalu melepaskan tendangan yang diblok bek Peru, bola liar mengarah ke sisi kanan yang langsung disambut Mbappe menjadi gol.

Meski unggul Prancis tetap memberikan bahaya kepada Peru. Hanya saja tendangan Lucas Hernandez kembali digagalkan kiper Gallese. Hingga babak pertama usai, Prancis tetap unggul 1-0. 

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Peru menunjukkan semangatnya untuk bisa mencetak gol penyeimbang pada laga kali ini. Laga lima menit berjalan, Peru berhasil mencetak peluang emas untuk terjadinya gol. Namun tembakan kerasnya dari luar kotak penalti hanya membentur mistar gawang dan keluar dari lapangan.

Prancis mencoba bangkit untuk bisa menambah keunggulan. Akan tetapi usaha mereka masih bisa dihentikan Peru yang begitu ambisius mencetak gol pertama mereka di Piala Dunia 2018. Mereka pun mampu mendominasi jalannya pertandingan hingga pertengahan babak kedua.

Sejumlah tekanan pun terus dilancarkan Peru yang beberapa kali nyaris menghasilkan peluang emas. Seperti halnya pada menit 62 melalui aksi Andre Carillo. Setelah berusaha memborbardir pertahanan Prancis dari sisi kanan maupun kir, kini Carrillo mencoba menekan dari luar kotak penalti. Akan tetapi tembakannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit 73, Peru kembali mendapatkan peluang melalui pemain pengganti yakni Jefferson Farfan. Carrillo yang memberikan umpan manis kepada Farfan di kotak penalti nyaris menjebol gawang Prancis. Akan tetapi sepakannya masih menyamping di sisi gawang Peru.

10 menit laga tersisa, Peru masih berusaha keras untuk bisa mencetak gol penyeimbang. Berbagai peluang pun telah diraih Paolo Guerrero dan kawan-kawan. Tetapi tetap saja mereka masih belum bisa menembus gawang Prancis.

Hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan, skor tak mengalami perubahan. Prancis pun memastikan kemenangan atas Peru dengan skor tipis 1-0.

 

Susunan Pemain

Prancis: Lloris; Umtiti, Varane, Hernandez, Pavard, Pogba (Nzonzi), Kante, Matuidi, Griezmann (Fekir), Mbappe (Dembele), Giroud.

Peru: Gallese; Ramos, Rodriguez (Santamaria), Advincula, Trauco, Aquino, Yotun (Farfan), Carrilo, Cueva (Ruidiaz), Flores, Guerrero.