Piala Dunia 2018: Juara Dunia Kerap Tersingkir di Penyisihan, Bagaimana dengan Jerman?

Timnas Jerman (Reuters/Christian Hartmann)
22 Juni 2018 18:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Timnas Jerman  belum menunjukkan tajinya di Piala Dunia 2018. Padahal, mereka merupakan juara bertahan kompetisi terakbar di dunia ini. Namun, hal itu tak mengagetkan jika menolok sejarah.

Jerman mengawali kampanye Piala Dunia 2018  dengan kekalahan 0-1 dari Meksiko di Grup F. Hasil tersebut membuat mereka terancam pulang lebih cepat. Jerman pun tak boleh kalah di laga berikutnya saat menghadapi Swedia. Jika kalah, mereka bisa dipastikan tersingkir.

Jika nasib buruk itu terjadi, Jerman akan melanjutkan sejarah kelam para juara bertahan. Dimulai dari Prancis pada Piala Dunia 2002. Sang juara bertahan langsung tersingkir di fase penyisihan grup. Padahal, mereka diunggulkan lantaran "hanya" menghadapi tim sekelas Senegal, Denmark, dan Uruguay.

Nyatanya, Prancis cuma meraih satu poin dan pulang sebagai juru kunci. Satu poin itu didapat saat bermain imbang melawan Uruguay 0-0. Sisanya, Prancis kalah 0-1 dari Senegal dan 0-2 dari Denmark. Sang juara bertahan bahkan gagal mencetak gol sama sekali.

Italia juga bernasib sama dengan Prancis. Berstatus sebagai juara bertahan di Piala Dunia 2010, Italia juga tersingkir di babak penyisihan. Mereka kalah bersaing dengan Paraguay, Selandia Baru, dan Slovakia.

Italia tersingkir sebagai juru kunci karena hanya mengemas dua poin. Italia bermain imbang 1-1 melawan Paraguay, 1-1 melawan Selandia Baru, dan kalah 2-3 dari Slovakia di babak penyisihan grup.

Di Piala Dunia 2014, giliran Spanyol yang menjadi tumbal. Sang juara bertahan tersingkir di babak penyisihan grup karena kalah bersaing dengan Belanda, Chile, dan Australia. Spanyol finis di posisi ketiga dengan koleksi tiga poin.

Spanyol mengawali kampanye di Piala Dunia 2014 dengan kekalahan telak 1-5 dari Belanda. Mereka kemudian kalah 0-2 dari Chile. Baru di partai terakhir Spanyol menang atas Australia tapi tak bisa membawa mereka lolos.

Dari periode 2002 hingga 2014, cuma Brasil yang sukses lolos dari babak penyisihan sebagai juara bertahan. Pada Piala Dunia 2006 Brasil keluar sebagai juara grup dengan memenangi tiga pertandingan babak penyisihan. Namun, langkah mereka terhenti di babak perempatfinal dengan kalah 0-1 Prancis.

Tokopedia