Babak Pertama, Brasil vs Kosta Rika Imbang Tanpa Gol

Striker Brasil Neymar Jr. mencoba menembus pertahanan rapat Kosta Rika. (Reuters)
22 Juni 2018 19:50 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAINT PETERSBURG - Kosta Rika sukses membuat raksasa sepak bola Brasil kesulitan setidaknya di 45 menit babak pertama. Berlaga di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (22/6/2018), Seleccao tak mampu mencetak gol dan hanya bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Laga lanjutan grup E Piala Dunia 2018 antara Brasil dan Kosta Rika berlangsung sengit. Kosta Rika yang diprediksi bakal dengan mudah dilumat Brasil ternyata memberi perlawanan hebat. Hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan tak ada gol yang tercipta.

Pertandingan babak pertama dimulai. Brasil mencoba menguasai permainan dengan bermain tenang. Umpan-umpan pendek yang diterapkan para penggawa Selecao –julukan Brasil – berhasil membuat repot para pemain Kosta Rika.

Percobaan pertama dilakukan Phelippe Coutinho di menit ke-3. Sayang, tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih melambung jauh dari gawang Kosta Rika. Tidak lama berselang, Kosta Rika mencoba melakukan serangan balik. Akan tetapi usaha Marco Urena masih dapat terbaca oleh Thiago Silva.

Peluang emas bagi Kosta Rika datang pada menit 13. Cristian Gamboa berhasil menyisir dari sisi kanan lapangan dan melepaskan umpan tarik yang membuka pertahanan Brasil. Beruntung, sepakan Celso Borges masih melebar dari gawang Brasil yang dijaga Alisson Becker.

Kosta Rika tampil cukup percaya diri dengan mampu memberikan perlawan kepada Brasil di babak pertama. Meski Brasil lebih diunggulkan, Kosta Rika seolah tidak mau kalah. Mereka beberapa kali menekan pertahanan Brasil dan membuat mereka terkurung di kotak penalti.

Memasuki menit 32, Gabriel Jesus memberikan tekanan yang membuat pemain Kosta Rika kehilangan bola. Akan tetapi, serangan balik cepat Gabriel Jesus dengan mengirim bola menuju Neymar berhasil dipatahkan Oviedo yang turun jauh ke kotak penalti.

Brasil terus menggempur pertahanan Kosta Rika tetapi sekali lagi pertahanan yang diterapkan para pemain Kosta Rika masih terlalu solid untuk ditembus. Sepakan sudut pertama didapatkan Brasil pada menit 38.

Brasil dan Kosta Rika masih melakukan jual beli serangan hingga menit-menit terakhir babak pertama. Akan tetapi, usaha kedua tim untuk mecetak gol belum bisa terwujud. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Susunan Pemain

Brasil: Alisson Becker; Fagner, Thiago Silva, Joao Miranda, Marcelo; Casemiro, Paulinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus.

Kosta Rika: Keylor Navas; Cristian Gamboa, Giancarlo Gonzalez, Johnny Acosta, Oscar Duarte, Bryan Oviedo; Johan Venegas, David Guzman, Celso Borges, Bryan Ruiz; Marco Urena.

Tokopedia