Pemain Persis Solo Tes Fisik, Pelatih Puas

Para pemain Persis Solo melakukan latihan ringan. (Istimewa/Ofisial Persis Solo)
22 Juni 2018 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO - Setelah menjalani libur Lebaran selama 10 hari, skuat Persis Solo kembali berlatih di Stadion Manahan, Kamis (21/6/2018) pagi WIB. Latihan perdana kali ini diisi dengan dengan materi yang relatif berat yakni tes fisik.

Tes ini diberikan kepada M Wahyu dkk. untuk mengukur sejauh mana kondisi fisik pemain pascalibur. Pelatih Fisik Persis Solo Budi Kurnia menilai hasil tes fisik para pemain usai libur Lebaran rata-rata cukup memuaskan. Menurutnya, kondisi fisik pemain stabil. Dia mengakui ada beberapa pemain yang mengalami penurunan kondisi fisik, namun tidak terlalu signifikan.

“Kali ini kami pakai balke test, tes sebelumnya juga menggunakan metode yang sama. Beberapa pemain mengalami penurunan seperti M. Wahyu, Elina Soka dan Heru Setyawan. Walau mengalami penurunan dari tes sebelumnya, kondisi fisik ketiga pemain ini masih di atas rata-rata pemain lainnya. VO2Max [volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif] mereka di atas 55,” jelas Budi Kurnia usai tes fisik melalui media officer Persis Solo.

Dalam tes fisik ini, pemain diberi waktu 15 menit untuk mengitari sintel ban Manahan. Sekali putaran, pemain menempuh jarak 400 meter. Pada menu ini, beberapa pemain menujukkan peningkatan dibandingkan tes sebelumnya yang digelar sebelum Ramadan. Mereka adalah Galih Sudaryono, Chandra Waskito, Sunarto, Bayu Andra, Soni Setiawan, Jalwandi, Johan Yoga, Dedi Cahyono Putro dan Azka Fauzi.

Pada tes sebelumnya, Dedi Cahyono dapat menyelesaikan delapan putaran plus 240 meter selama 15 menit. Sementara hasil tes terbaru, Dedi mampu menyelesaikan delapan putaran plus 310 meter. Soni Setiawan sebelumnya mampu menyelesaikan delapan putaran plus 210 meter, kini meningkat menjadi 310 meter. Sementara Sunarto pada tes sebelumnya mencatat sembilan putaran plus 70 meter, hasil tes terbaru dapat menyelesaikan sembilan putaran plus 135 meter.

“Standar VO2Max pemain sepak bola itu 52, pemain kami rerata di rentang 52-57. Secara umum, kondisi fisik pemain cukup bagus. Ini menandakan para pemain menjalankan program latihan selama Ramadan ditambah program mandiri saat libur Lebaran,” jelas Budi Kurnia. 

Tokopedia