Piala Dunia 2018: Nigeria Taklukan Islandia 2-0, Posisi Argentina Terancam

Ahmed Musa (7) penentu kemenangan Nigeria. (Reuters)
23 Juni 2018 00:02 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, VOLGOGRAD - Duel timnas Nigeria melawan Islandia Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Volgorgrad Arena, Volgograd, Jumat (22/6/2018), usai. Nigeria membuka peluang lolos fase grup setelah meraih kemenangan meyakinkan 2-0.

Lewat kemenangan ini, Nigeria berhasil menempati peringkat kedua grup D dengan tiga poin dan berada satu tingkat di atas Argentina. Jika ingin lolos Nigeria butuh hasil imbang melawan Argentina dalam laga terakhir grup D.

Babak Pertama

Islandia langsung mengancam gawang Nigeria saat laga baru berusia tiga menit. Tendangan bebas Gylfi Sigurdsson mengarah deras ke pojok kanan atas gawang, namun masih bisa ditepis kiper Francis Uzoho.

Sigurdsson kembali menciptakan peluang emas melalui tendangan bebas dari luar kotak. Sepakannya itu berhasil ditangkap Uzoho.

Nigeria sempat sulit keluar dari tekanan para pemain Islandia di paruh awal babak pertama. Sejumlah upaya skuat The Viking untuk menciptakan gol cukup merepotkan para pemain Nigeria.

Memasuki menit ke-20, Islandia mendapat peluang emas. Berawal dari umpan silang Aron Gunnarsson yang dihalau Uzoho, bola liar kemudian mengarah ke Birkir Bjornason yang ada di dalam kotak penalti. Ia pun lekas menuntaskannya dengan sepakan voli. Hanya saja, bola sepakannya berbelok arah dan malah menjauhi gawang Nigeria.

Baik Nigeria dan Islandia sama-sama kesulitan untuk mencetak gol. Maklum saja, lini pertahanan kedua kesebelasan pasalnya sama-sama bermain disiplin. Peluang bagus sempat diperoleh Islandia di menit ke-36, namun Birkir Bjarnason tak bisa menyambut umpan matang yang dilepaskan rekan setimnya ke dalam kotak penalti. Hingga babak pertama usai, skor 0-0 tetap bertahan.

Babak Kedua

Di babak kedua, Nigeria justru yang tampil menggebrak sejak awal. Belum genap satu menit pertandingan berjalan, tim berjuluk The Super Eagle itu sudah langsung melepaskan tembakan ke arah gawang. Adalah Oghenekaro Etebo yang melakukan tendangan keras. Meski begitu, Hannes Halldorsson masih mampu mengamankannya.

Nigeria baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-49. Berawal dari serangan balik cepat yang dimotori oleh Victor Moses, ia lekas mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti Islandia. Umpan tersebut dapat diterima Ahmed Musa dengan baik dan dituntaskannya dengan sepakan yang tak mampu dibendung Halldorsson. Nigeria unggul 1-0.

Keunggulan tersebut membuat Nigeria bermain lebih berani lagi. Kini mereka tak ragu melakukan tembakan jarak jauh demi mendapatkan gol kedua. Seperti yang terjadi di menit ke-57 kala Wilfred Ndidi, mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras ke sisi atas gawang Islandia. Beruntung bagi Islandia, karena Halldorsson masih mampu menepisnya.

Gol kedua Nigeria baru muncul di menit ke-75. Musa lagi-lagi menjadi mimpi buruk Islandia. Mengambil inisiatif melakukan serangan balik cepat, pergerakan Musa membuat lini pertahanan Islandia kocar-kacir. Ia bahkan mampu menggocek Halldorsson yang berlari meninggalkan gawangnya. Hasilnya, dengan mudah Musa menceploskan bola ke dalam gawang yang sudah tanpa pengawalan. Nigeria kini memimpin 2-0.

Islandia memperoleh kesempatan emas untuk menipiskan ketinggalan di menit ke-83 melalui titik putih. Akan tetapi harus disayangkan karena Sigurdsson yang maju sebagai eksekutor tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan Sigurdsson memang mampu mengecoh Uzoho, namun bola tendangannya melambung melewati mistar gawang Nigeria.

Di sepanjang waktu tersisa, Islandia tetap tak bisa mengejar ketinggalannya. Pertandingan pada akhirnya berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Nigeria. Dengan hasil ini, The Super Eagle memiliki kans yang cukup besar untuk melaju ke babak 16 besar, mendampingi Kroasia.

Susunan Pemain:

Nigeria: Francis Uzoho; Kenneth Omeruo, William Troost-Ekong, Leon Balogun; Brian Idowu (Tyronne Ubuehi), Oghenekaro Etebo (Alex Iwobi), John Obi Mikel, Wilfred Ndidi, Victor Moses; Ahmed Musa, Kelechi Iheanacho (Odion Ighalo)

Islandia: Hannes Thor Halldorsson; Hordur Bjorgvin Magnusson, Ragnar Sigurdsson (Sverrir Ingi Ingarson), Kari Arnason, Birkir Mar Saevarsson; Birkir Bjarnason, Aron Gunnarsson (Ari Skulason), Gylfi Sigurdsson, Rurik Gislason; Jon Dadi Bodvarsson (Bjoern Sigurdarson), Alfred Finnbogason

Tokopedia