Piala Dunia 2018: Sinyal Perpecahan di Tim Argentina

Timnas Argentina (Reuters/Marcos Brindicci)
23 Juni 2018 13:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, NIZHNIY NOVGOROD Timnas Argentina memasuki masa-masa krisis seusai dihantam Kroasia dengan skor 0-3 dalam laga kedua Grup D Piala Dunia 2018. Setelah kekalahan menyesakkan tersebut, Jorge Sampaoli langsung menghadapi bayang-bayang pemecatan apabila gagal membawa tim lolos dari babak penyisihan. Tujuh pemain Tim Tango juga disebut siap pensiun setelah berakhirnya turnamen.

Nasib Argentina di Piala Dunia kali ini memang tak lagi berada di tangan mereka. Jika ingin lolos dari fase grup, Tim Tango harus membekuk Nigeria di laga terakhir grup sembari berharap hasil laga lain menguntungkan mereka. Ketika tim butuh semangat dan solidaritas untuk menghadapi laga hidup mati melawan Nigeria, isu tak sedap lain justru kembali menghampiri Lionel Messi dkk.

Dilansir Sports Illustrated, Jumat (22/6/2018), sejumlah pemain Argentina disebut melancarkan pemberontakan pada Jorge Sampaoli dengan meminta sang pelatih tak memimpin tim di laga melawan Nigeria, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. Mereka meminta sang asisten, Jorge Burruchaga, untuk memimpin tim di partai krusial tersebut.

Pembangkangan itu tak lepas dari sikap Sampaoli yang terkesan menyalahkan pemain atas kekalahan memalukan dari Kroasia. Meski bertanggungjawab atas hasil minor tersebut, Sampaoli menuduh para pemain gagal beradaptasi dengan skema baru yakni 3-4-2-1 setelah di laga perdana memakai 4-2-3-1. “Realita skuat Argentina menutup kecemerlangan Messi. Tim tidak menyatu dengan seharusnya,” ujar eks Pelatih Chile itu seperti dilansir BBC, Jumat (22/6/2018).

Striker Argentina, Sergio Aguero, langsung menjawab ketus saat diminta tanggapan mengenai komentar pelatihnya itu. Pemain Manchester City itu mengaku tak ambil pusing soal tudingan kegagalan pemain beradaptasi dengan taktik baru. “Terserah dia [Sampaoli] mau bilang apa,” ujar Aguero sembari meninggalkan ruang jumpa pers dengan wajah marah.

Aguero sendiri dikabarkan menjadi satu dari tujuh pemain Albiceleste yang akan gantung sepatu jika gagal di Rusia. Keenam pemain lain yakni Messi, Javier Mascherano, Angel Di Maria, Gonzalo Higuain, Marcos Rojo dan Ever Banega. Messi sempat mengumumkan pensiun dari timnas pada 27 Juni 2016 seusai kalah dari Chile di final Copa America. Pada 12 Agustus 2016, Messi mengurungkan niat pensiun dan kembali jadi andalan Argentina hingga kini.