Piala Dunia 2018: Akhirnya! Kroasia Lolos dari Fase Grup Lagi

Timnas Kroasia (Reuters/Andrew Boyers)
23 Juni 2018 16:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, NIZHNIY NOVGORODTimnas Kroasia selalu dinaungi nasib malang seusai meraih gelar juara ketiga Piala Dunia 1998 di Prancis. Setelah periode emas yang ditandai dengan pemain macam Davor Suker, Alen Boksic, Robert Jarni hingga Zvonimir Boban, Kroasia tak pernah lagi mampu mengulang prestasi serupa dalam tiga partisipasi selanjutnya di Piala Dunia.

Jangankan menembus babak semifinal, tim berjuluk Vatreni itu selalu gagal lolos dari fase grup yakni pada penyelenggaraan tahun 2002, 2006, dan 2014 (tahun 2010 tak lolos Piala Dunia). Setelah 20 tahun berselang tanpa sesuatu yang membanggakan, Kroasia kembali merangkai asa untuk berprestasi di ajang empat tahunan itu. Kroasia menjadi negara keempat yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah menumbangkan Argentina dengan skor telak 3-0 di Stadion Nizhniy Novgorod, Jumat (22/6/2018) dini hari WIB.

Sebenarnya tak terlalu mengejutkan melihat Vatreni lolos ke fase knock out dengan mulus. Skuat mereka diisi deretan pemain top Eropa macam Luka Modric, Ivan Rakitic, Dejan Lovren, Marcelo Brozovic, Mario Mandzukic hingga Ivan Perisic. Kroasia juga masih punya pemain macam Mateo Kovacic, Marko Pjaca hingga Tin Jedvaj. Bisa dibilang skuat di Piala Dunia 2018 tak kalah mewah dibanding pasukan arahan Miroslav Blazevic

Media-media lokal Kroasia menyebut lolosnya Vatreni ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Argentina sebagai dongeng yang menjadi nyata. Selain para pemain, arsitek Kroasia, Zlatko Dalic, menjadi pihak yang paling dipuji. Pelatih 51 tahun ini sukses menerapkan skema 4-2-3-1 yang tampaknya sangat ideal bagi Kroasia.

Vatreni memang punya winger macam Perisic dan Rebic yang bisa bermain ke dalam sebagai striker bayangan, sedangkan Mandzukic juga fasih bermain melebar seiring pengalamannya bermain di winger kiri di Juventus. Fleksibilitas itu kerap membuat lawan mereka kebingungan, tak terkecuali Argentina.

“Kami telah lolos dari grup setelah dua pertandingan. Kami mengalahkan Argentina dengan pemain terbaik di dunia, Lionel Messi, dan kami memainkan pertandingan yang fantastis. Semuanya sangat bagus,” ujar Dalic dilansir FIFA, Jumat.

Kapten Kroasia, Luka Modric, meminta rekan-rekannya tidak berleha-leha meski sudah memastikan diri lolos. Dia menyebut laga terakhir grup melawan Islandia perlu dimenangkan agar terhindar dari potensi bertemu Prancis di 16 besar. “Jangan terlalu senang atau berpikir terlalu jauh ke depan. Sekarang kami perlu fokus agar lolos sebagai juara grup,” ucap Modric dilansir BBC. 

Tokopedia