Piala Dunia 2018: Line Up Pemain Inggris Bocor ke Publik, Pelatih Berang

Gareth Southgate (Reuters/Lee Smith)
23 Juni 2018 22:10 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NIZHNY NOVGOROD — Pelatih Inggris, Gareth Southgate, dibuat berang hanya selang dua hari sebelum timnya melawan Panama pada laga kedua Grup G Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Nizhniy Novgorod, Minggu (24/6/2018) pukul 19.00 WIB.

Bagaimana tidak, line-up yang disusun untuk menghadapi Panama justru bocor ke publik. Kok bisa? Itu terjadi ketika dalam sesi latihan, kertas line-up Inggris yang dipegang asisten pelatih Steve Holland tertangkap kamera media. Ironisnya, media yang membocorkan line-up The Three Lions tersebut justru merupakan media asal Inggris.

Dalam line-up itu diketahui, Ruben Loftus Cheek bakal dipasang starter menggantikan posisi Dele Alli yang cedera. Sementara Marcus Rashford bakal diduetkan dengan kapten Harry Kane di lini depan. Southgate juga diketahui bakal kembali memakai skema tiga bek dengan komposisi sama ketika bersusah payah menaklukkan Tunisia 2-1, yakni memasang Kyle Walker, John Stones, dan Harry Maguire. Bedanya, kali ini Walker akan dimainkan di tengah.

Wajar, apabila Southgate berang karena line-up itu bisa dipelajari Panama untuk mencari kelemahan Inggris saat duel di Nizhny Novgorod. Eks pemain Timnas Inggris tersebut sontak menyalahkan media yang membocorkan gambar itu ke publik.

“Ini tidak mengganggu saya sedikit pun. Skuat 23 nama sudah ada, lembar selanjutnya pemain yang berbeda di posisi berbeda karena kami mengganti beberapa pemain. Ceritanya demikian. Bagiku, tidak ada drama,” jelas Southgate kepada Talk Sport, seperti dilansir Independent.co.uk, Sabtu (23/6/2018).

“Namun, jika hal itu dililihat lawan kami, maka itu merugikan kami. Jadi, media Inggris harus memutuskan apakah mereka akan membantu tim atau tidak. Kalau cuma memberikan daftar skuat, itu bukan masalah,” sambungnya.

Tentu bocornya line-up Inggris itu membuat Southgate dilema untuk mempertahankan rencananya atau berombaknya. Perlakuan media Inggris yang membocorkan line-up The Three Lions itu pun juga mendapat kritik keras dari Walker.

“Jika kalian [media] hanya menyimpan itu untuk diri sendiri dan tidak menyebarkan ke seluruh dunia, itu tidak masalah, tapi ini tidak akan membantu kami untuk bisa lolos ke fase selanjutnya, semoga Tuhan mengizinkan kami tetap lolos. Seluruh dunia sekarang sudah tahu lien-up kami,” ujar Walker dengan geram. 

Tokopedia