Piala Dunia 2018: Jepang vs Senegal, Berebut Tiket Lolos Lebih Awal

Senegal usai mengalahkan Polandia. (Reuters)
24 Juni 2018 10:41 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, EKATERINBURG — Mungkin tak banyak yang menyangka Jepang dan Senegal bakal langsung berjaya di laga pertama fase grup Piala Dunia 2018. Jepang secara heroik mampu membungkam Kolombia, dengan skor 2-1. Berkat kemenangan itu, Jepang menjadi tim Asia pertama yang sukses menaklukkan tim dari Amerika Selatan.

Senegal tak kalah impresif. Anak asuh Aliou Cisse itu sukses mempermalukan tim kuat Eropa, Polandia, dengan skor identik 2-1. Laga kedua Grup H yang mempertemukan Jepang dan Senegal pun berpeluang memberikan tiket kilat bagi sang pemenang untuk lolos ke babak 16 besar, tak perlu menunggu partai pamungkas. Kedua tim jelas tak ingin menyia-nyiakan peluang untuk menjadi tim pertama yang lolos dari Grup H.

Di laga kali ini Senegal agaknya sedikit di atas angin jika melihat rekor buruk Jepang melawan tim Afrika. Samurai Biru, julukan Jepang, tak pernah menang dari wakil Afrika seperti Mali (1-1) dan Ghana (1-2) dalam uji coba beberapa tahun silam. Di Piala Dunia 2014, Jepang juga sukses ditundukkan Pantai Gading dengan skor 2-1.

Sebaliknya, rekor Senegal atas tim dari Benua Asia justru lebih baik. Mereka mampu menghantam Korea Selatan dua gol tanpa balas serta menahan Uzbekistan dengan skor 1-1.

Namun deretan sejarah pertandingan tersebut bisa tak berarti apa-apa jika Jepang dapat kembali menunjukkan spirit permainan kolektif seperti saat melawan Kolombia. Jangan lupa sebelum pertandingan itu, Jepang juga tak pernah menang melawan Los Cafeteros, julukan Kolombia. “Saya pikir kami bisa memperdaya mereka jika kami bermain telaten, juga jeli memanfaatkan bola mati,” ujar striker senior Jepang, Keisuke Honda, seperti dilansir ESPN, Sabtu (23/6/2018).

Meski tak turun sebagai starter saat laga perdana, Honda bisa menjadi kartu truf jika diturunkan saat melawan Senegal. Eks pemain AC Milan itu berpengalaman menjebol gawang tim dari Benua Afrika seperti Kamerun di Piala Dunia 2010 serta Pantai Gading di Piala Dunia 2014. Honda juga terlibat langsung dalam enam dari delapann gol terakhir Jepang di Piala Dunia (tiga gol dan tiga assist).

Namun lini serang Jepang harus lebih gigih karena Senegal punya jantung pertahanan alot dalam diri Kalidou Koulibaly dan Salif Sane. Terbukti, tim berjuluk Singa Teranga ini hanya kemasukan lima gol dalam sembilan laga terbaru di semua kompetisi. Sadio Mane dkk. juga berambisi mengikuti jejak Kamerun pada 1990 dan Nigeria pada 1998 sebagai dua negara Afrika yang pernah memenangi dua laga pembukaan Piala Dunia.

Tokopedia