Messi Tamat, Terbitlah Musa si Pengancam Argentina

Ahmed Musa (7) penentu kemenangan Nigeria atas Islandia. (Reuters)
24 Juni 2018 18:10 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, VOLVOGRAD — Penyerang Nigeria, Ahmed Musa, langsung mendapat julukan baru oleh pengguna media sosial setelah melesakkan brace ke gawang Islandia pada laga kedua Grup D di Volgograd Arena, Volgograd, Jumat (23/6) malam WIB. Mereka ramai-ramai menyebutnya dengan panggilan “Lionel Musa”.

Alasannya, dua gol Musa yang membawa Nigeria menundukkan Islandia 2-0 bukan hanya mengamankan peluang negaranya untuk lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2018. Tapi sekaligus menyelamatkan peluang Argentina tidak terdepak dari turnamen sepak bola termahsyur di muka bumi ini setelah hanya bermain imbang 1-1 kontra Islandia dan menelan kekalahan tragis 0-3 dari Kroasia di Grup D.

Faktanya, bukan bintang Argentina, Lionel Messi, yang mengamankan peluang Argentina untuk bertahan di Piala Dunia 2018. Tapi berkat kepahlawanan Musa melesakkan gol ke gawang Islandia kemarin. Bisa dipahami apabila Musa mendapat julukan “Lionel Musa” di dunia maya.

Namun, Musa memperingatkan Lionel Messi dkk. bahwa dirinya bukan pahlawan bagi Argentina. Musa akan berusaha keras kembali mencetak gol pada laga hidup-mati di pertandingan penutup Grup D kontra Argentina di St. Patersburg, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB.

“Setiap kali saya bermain melawan Argentina, atau ketika Messi bermain melawanku, saya selalu mencetak gol. Empat tahun lalu di Brasi, ketika Messi bermain melawanku, saya mencetak dua gol,” ujar Musa, seperti dilansir thenational.ae, Sabtu (23/6/2018).

Musa tidak sedang mengigau. Pada fase grup Piala Dunia 2014 di Porto Alegre, Brasil empat tahun lalu, Musa mencetak dua gol ke gawang Argentina. Uniknya, Messi juga mencetak dua gol dalam laga itu. Sayang, Nigeria kalah 2-3. Sementara di level klub, Musa juga pernah mempersembahkan dua gol untuk Leicester City saat melawan Barcelona yang diperkuat Messi pada laga pramusim di Stockholm setelah dibeli dari CSKA Moswko, 2016 silam.

Koleksi gol Musa di Piala Dunia pun melonjak menjadi empat biji. Dia merupakanm top scorer Nigeri dalam sejarah putaran final Piala Dunia. Musa pun semakin mendekati rekor Asamoah Gyan dan Roger Milla yang masing-masing menempati urutan pertama dan kedua daftar top scorer pemain Afrika di Piala Dunia. Gyan yang melesakkan enam gol untuk Ghana di Piala Dunia, sedangkan Milla mempersembahkan lima gol untuk Kamerun di Piala Dunia.

“Saya sangat senang memecahkan rekor dan saya senang sekarang menjadi top scorer Piala Dunia untuk Nigeri. Ini tidak mudah, namun saya ucapkan terimakasih kepada pelatih yang mendukungku karena jika dia tidak percaya padaku, dia tidak akan memainkanku di lapangan,” ujar Musa.