Saling Serang, Babak I Jepang VS Senegal 1-1

Sadio Mane melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Jepang (Reuters/Marcos Brindicci)
24 Juni 2018 22:57 WIB Muhammad Rizal Fikri Dunia Share :

Solopos.com, EKATERINBURG – Jepang dan Senegal sama-sama meraih poin penuh di pertandingan pertama penyisihan Grup H Piala Dunia 2018. Di pertandingan kedua, dua tim beda benua ini akan mebuktikan siapa yang lebih layak menjuarai Grup H, Minggu (24/6/2018).

Awal babak pertama Senegal tampak memanfaatkan keunggulan tinggi badan pemain dengan memainkan umpan tinggi dari sisi kanan lapangan. Jepang bukan tanpa perlawanan, usaha Jepang untuk juga memainkan bola-bola atas terkendala dengan tinggi badan pemain dan kurangnya akurasi umpan. Di satu kesempatan, Kagawa berhasil melewati dua pemain Senegal, namun umpan lambungnya terlalu tinggi sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang.

Usaha Senegal menyerang lewat umpan lambung berbuah hasil di menit ke-11. Kiper Jepang, Kawashima salah mengantisipasi umpan silang pemain Senegal. Bola memantul ke kaki Sadio Mane dan masuk ke gawang.

Tertinggal 1-0, Jepang sempat unggul dalam penguasaan bola. Lima pemain di lini tengah membuat Jepang kuat dalam membangun serangan. Namun, hampir semua serangan tak menemukan sasaran. Bola-bola umpan silang dengan mudah dipotong pemain belakang Senegal. Di sisi lain, serangan balik Senegal hampir selalu jatuh di kaki Mane, Niang, atau Ismaila yang menjadi trisula penyerang.

Serangan bertubi-tubi dari Jepang membuahkan hasil di menit ke-34. Jepang mencoba bola pendek dari kaki ke kaki di lini pertahanan Senegal. Inui bekerja sama dengan Nagatomo. Takashi Inui yang mendapat ruang tembak melesakkan tembakan melengkung ke tiang jauh. Kiper Senegal, Khadim Ndiaye tak mampu menjangkau bola. Skor berubah 1-1.

Jepang terus menekan Senegal setelah mampu menyamakan skor. Namun kecenderungan tim asuhan Akira Nishimo masih seperti awal pertandingan. Serangan mereka tak menciptakan peluang. Senegal masih mengandalkan serangan balik cepat. Hingga peluit panjang babak pertama ditiup, skor masih seri 1-1.

Jepang (4-3-2-1): Kawashima, Nagatomo, Shoji, Yoshida, Sakai, Inui, Shibasaki, Kagawa, Hasebe, Haraguchi, dan Osako. Pelatih : Akira Nishimo.

Senegal (4-3-3): Kh. Ndiaye, Wague, Sane, Koulibaly, Sabaly, Gana, A. Ndiaye, P.a. Ndiaye, Mane, Niang, dan Ismaila. Pelatih: Aliou Cisse.