Piala Dunia 2018: Grup B Sengit, Siapa yang Lolos?

Portugal vs Spanyol (Reuters/Hannh McKay)
25 Juni 2018 17:25 WIB Hanifah Kusumastuti/Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Sebanyak tiga tim berpeluang di Grup B Piala Dunia 2018 melaju ke babak 16 Besar. Mereka adalah Spanyol, Portugal, dan Iran. Sementara satu tim lainnya, Maroko, dipastikan tersingkir.

Ketiga tim itu akan berjuang untuk meraih tiket ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 di partai terakhir Grup B pada Selasa (26/6/2018) pukul 01.00 WIB. Spanyol akan menghadapi tim juru kunci Maroko, sedangkan Portugal menghadapi laga penentuan melawan Iran.

Klasemen Sementara

No

Tim

Main

Menang

Seri

Kalah

Gol

Poin

1

Spanyol

2

1

1

0

4-3

4

2

Portugal

2

1

1

0

4-3

4

3

Iran

2

1

0

1

1-1

3

4

Maroko

2

0

0

2

0-2

0

Skenario lolos Grup B seperti dikutip dari Sky Sports:

- Spanyol dan Portugal dijamin akan sama-sama lolos ke babak 16 besar apabila minimal bermain imbang atas lawan masing-masing.

-Spanyol masih tetap bisa lolos seandainya kalah dari Maroko dan Portugal juga kalah dari Iran, dengan syarat marjin kekalahan Portugal lebih banyak ketimbang Spanyol. Atau Spanyol tidak boleh kalah selisih dua gol jika Portugal bermain imbang dengan Iran.

-Portugal masih bisa lolos seandainya kalah dari Iran dan Spanyol juga kalah dari Maroko, asalkan marjin kekalahan Spanyol lebih banyak ketimbang kekalahan Portugal.

-Jika sama-sama menang atau bermain imbang atas lawan masing-masing, Portugal dan Spanyol harus bersaing mendapatkan hasil lebih baik untuk menentukan juara grup.

-Iran wajib menang atas Portugal jika ingin lolos.

-Iran masih mungkin menjadi juara grup apabila mereka menang atas Portugal dan Spanyol kalah dari Maroko.

-Maroko sudah pasti terdepak.

Tokopedia