Babak Pertama: Dibuka Gol Suarez, Uruguay unggul 2-0 atas Rusia

Uruguay merayakan gol kedua ke gawang Rusia. (Reuters)
25 Juni 2018 21:47 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA - Uruguay berhasil mempermalukan tuang rumah Rusia di babak pertama laga terakhir grup A Piala Dunia 2018. Suarez membuka keunggulan lewat gol tendangan bebas. Rusia semakin tertinggal setelah tendangan Diego Laxalt membentur Denis Cheryshev dan melesat tak terbendung pada menit 23.

Rusia hanya memerlukan hasil imbang supaya bisa menjadi juara grup mengingat mereka mempunyai catatan gol yang lebih banyak dibanding La Celeste. Sedangkan Uruguay yang bermain di bawah tekanan pubik Rusia akan tetap berusaha untuk menaklukkan sang tuan rumah dengan skuat terbaik yang mereka miliki.

Dua penyerang Luis Suarez dan Edinson Cavani memang belum menemukan ketajamaan di Piala Dunia kali ini. Namun, keduanya bertekad untuk mencoba mendobrak tembok pertahanan Tim Beruang Merah yang digalang dua bek sentral, Sergei Ignashevich dan Ilya Kutepov.

Babak Pertama

Luis Suarez membuka keunggulan Uruguay di menit ke-9 lewat tendangan bebas dari tepian luar kotak penalti. Sebelumnya wasit memberikan bola mati untuk Uruguay setelah Rodrigo Bentacur dilanggar oleh pemain Rusia. 

  • Tendangna Luis Suarez menghujam gawang Rusia. (Reuters)

Dua menit kemudian, Rusia mendapatkan kesempatan emas lewat tendangan first time Denis Cheryshev. Berawal dari umpan lambung dari kiper pada Artem Dzyuba, yang kemudian meneruskannya lewat tandukan kepada Cheryshev. 

Memanfaatkan celah pada lini pertahanan, Cheryshev kemudian melesakkan tendangan keras ke arah gawang.

Uruguay kemudian menambah keunggulan di menit ke-23 lewat gol bunuh diri Cheryshev.  Dari luar kotak penalti, Diego Laxalt menembak ke arah gawang, tapi bola sempat mengenai kaki Cheryshev sehingga berbelok ke arah gawang. 

Tiga menit kemudian, lewat skema serangan balik Uruguay punya peluang emas menambah keunggulan. Bola sepakan Bentacur yang sudah berada di depan gawang diblok oleh kiper Rusia, dan kemudian bola muntah mengarah ke arah Edinson Cavani.

Namun, sebelum Cavani bisa menyambar bola, bek Rusia sudah lebih dulu menghalau. 

Rusia kemudian terpaksa bermain dengan 10 orang di menit ke-35 setelah wasit memberikan kartu kuning kedua pada Igor Smolnikov yang 'menggunting' Laxalt dari belakang. Smolnikov sebelumnya telah mendapat kartu kuning di menit ke-27.

Uruguay pun semakin nyaman dalam menguasai bola lebih mengendurkan tensi permainan. 

Susunan Pemain

Rusia: Muslera; Godin, Coates, Caceres, Laxalt; Torreira, Vecino, Nandez; Bentancur; Cavani, Suarez

Uruguay: Akinfeev, Kutepov, Ignashevich, Smolnikov, Kudryashov; Zobnin, Gazinskiy; Samedov, Miranchuk, Cheryshev (Fernandes); Dzyuba

Tokopedia