Piala Dunia 2018: Pecundangi Rusia 3-0, Uruguay Juara Grup

Edinson Cavani (21) dan Diego Godin (3) merayakan gol ke gawang Rusia. (Reuters - Michael Dalder)
25 Juni 2018 22:49 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA - Uruguay berhasil lolos grup  A Piala Dunia 2018 dengan mempercundangi tuan rumah Rusia. Setelah berhasil unggul 2-0 di babak pertama, Uruguay memperlebar keunggulan lewat gol Edinson Cavani di menit-menit akhir pertandingan. 

Rusia hanya memerlukan hasil imbang supaya bisa menjadi juara grup mengingat mereka mempunyai catatan gol yang lebih banyak dibanding La Celeste. Sedangkan Uruguay yang bermain di bawah tekanan pubik Rusia akan tetap berusaha untuk menaklukkan sang tuan rumah dengan skuat terbaik yang mereka miliki.

Babak Pertama

Luis Suarez membuka keunggulan Uruguay di menit ke-9 lewat tendangan bebas dari tepian luar kotak penalti. Sebelumnya wasit memberikan bola mati untuk Uruguay setelah Rodrigo Bentacur dilanggar oleh pemain Rusia. 

  • Tendangna Luis Suarez menghujam gawang Rusia. (Reuters)

Dua menit kemudian, Rusia mendapatkan kesempatan emas lewat tendangan first time Denis Cheryshev. Berawal dari umpan lambung dari kiper pada Artem Dzyuba, yang kemudian meneruskannya lewat tandukan kepada Cheryshev. 

Memanfaatkan celah pada lini pertahanan, Cheryshev kemudian melesakkan tendangan keras ke arah gawang.

Uruguay kemudian menambah keunggulan di menit ke-23 lewat gol bunuh diri Cheryshev.  Dari luar kotak penalti, Diego Laxalt menembak ke arah gawang, tapi bola sempat mengenai kaki Cheryshev sehingga berbelok ke arah gawang. 

Tiga menit kemudian, lewat skema serangan balik Uruguay punya peluang emas menambah keunggulan. Bola sepakan Bentacur yang sudah berada di depan gawang diblok oleh kiper Rusia, dan kemudian bola muntah mengarah ke arah Edinson Cavani.

Namun, sebelum Cavani bisa menyambar bola, bek Rusia sudah lebih dulu menghalau. 

Rusia kemudian terpaksa bermain dengan 10 orang di menit ke-35 setelah wasit memberikan kartu kuning kedua pada Igor Smolnikov yang 'menggunting' Laxalt dari belakang. Smolnikov sebelumnya telah mendapat kartu kuning di menit ke-27.

Uruguay pun semakin nyaman dalam menguasai bola lebih mengendurkan tensi permainan. 

Babak Kedua

Pertandingan babak kedua dimulai. Uruguay kembali mencoba mengambil alih permainan. Uruguay kembali mengurung pertahanan Rusia dan membuat seluruh penggawa tuan rumah berada di area permainannya.

Rusia belum mampu lepas dari tekanan Uruguay di awal babak kedua. La Celeste –julukan Timnas Uruguay – mengurung sepertiga akhir pertahanan tuan rumah.

Para pemain Rusia mencoba membangun serangan ke daerah pertahanan Uruguay. Mereka terus mencari celah untuk mencetak gol guna memperkecil ketertinggalan mereka di babak kedua ini. Rusia kembali melakukan sentuhan satu dua di tepi kotak penalti Uruguay.

Akan tetapi, usaha pertama Smolov berhasil dihentikan Martin Caceres. Tetapi Rusia kembali mendapatkan bola setelahnya. Namun, umpan silang Zobnin terlalu tinggi untuk diraih Artem Dzyuba. Hingga menit 68 skor 2-0 untuk keunggulan Uruguay masih tetap bertahan.

Uruguay seolah membiarkan Rusia melakukan tekanan di daerah pertahanan mereka. Tetapi Godin dan kawan-kawan masih cukup tangguh menahan serangan tuan rumah yang hanya bermain dengan 10 pemain.

Rusia yang mencoba mengejar ketertinggalan justru kebobolan di menit-menit akhir pertandingan. Gol dari Edinson Cavani membuat keunggulan bertambah bagi Uruguay. Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Uruguay.

Susunan Pemain

Rusia: Muslera; Godin, Coates, Caceres, Laxalt; Torreira, Vecino, Nandez; Bentancur; Cavani, Suarez

Uruguay: Akinfeev, Kutepov, Ignashevich, Smolnikov, Kudryashov; Zobnin, Gazinskiy; Samedov, Miranchuk, Cheryshev (Fernandes); Dzyuba