Arab Vs Mesir 2-1: Salah Cemerlang, Tapi The Paraohs Gagal Total

Mohamed Salah berebut bola saat Mesir menghadapi Arab Saudi di Volgograd Arena, Senin (25/6/2018). (Twitter - FIFA)
25 Juni 2018 23:07 WIB Adib Muttaqin Asfar Dunia Share :

Solopos.com, VOLGOGRAD -- Gol cantik Mohamed Salah tak mampu membawa Mesir meraih satu pun kemenangan di Piala Dunia 2018. Mesir bahkan gagal membawa pulang angka meski hanya 1 poin dari Grup A.

Di babak kedua laga di Volgograd Arena, Senin (25/6/2018) malam WIB, Arab Saudi terlihat sangat bernafsu mencetak gol kedua di awal babak kedua. Mereka memforsir serangan dan mendominasi penguasaan bola hingga tercatat 63% berbanding Mesir 37%.

Tekanan berkali-kali itu belum membuahkan hasil karena pertahanan Mesir masih mampu menutup ruang tembak di depan gawang. Hingga pada 55, bek tengah Mesir Ahmed Hegazy nyaris membuat kesalahan. Berniat membuang bola, dia justru melepaskan bola ke arah gawang sendiri dan beruntung masih bisa diantisipasi rekannya.

Menit 58, tendangan gelandang Saudi, Hussain Al Mogahwi diblok oleh kiper Mesir. Upaya Fahad Al Muwallad melepaskan umpan ke kotak penalti juga masih bisa dipotong bek Mesir. Tak lama kemudian, permainan 1-2 Salem AL Dawsari dengan Salman Al Faraj juga masih mampu dipotong pemain Mesir.

Mesir bukan tanpa perlawanan. Setelah Trezeguet ditarik keluar dan digantikan Mahmoud Kahraba, Mesir tampil lebih menyerang. Pada menit 83, Kahraba memainkan umpan 1-2 dengan Salah meski berhasil dipotong pemain Saudi. Salah juga mencoba mengeksekusi sebuah umpan terobosan namun terjebak offside.

Menjelang bubar, Arab Saudi kembali menekan dan kali ini membuahkan gol. Abdullah Otayf membuat umpan matang yang disambut tendangan voli Salem Al Dawsari. Gol pada menit 95 membuat Mesir pulang tanpa poin sekaligus membuat Arab membawa 1 kemenangan.

Babak Pertama

Laga sebenarnya berlangsung cukup berimbang. Di awal pertandingan, Mesir memang tampil menekan dan cukup dominan dalam penguasaan bola. Namun, tidak banyak peluang yang tercipta. Belakangan, Arab berupaya bangkit lebih banyak merebut bola.

Arab Saudi menguasai lapangan tengah dan Mesir menerapkan garis pertahanan yang cukup rendah. Meski demikian serangan Mesir lebih efektif. Hingga dalam sebuah serangan pada menit 22, Abdalla El Said mengirim bola panjang terukur ke depan. Mohamed Salah yang lepas dari kawalan menerima bola lalu melepaskan tendangan melambung melampaui kiper dan gol. Mesir memimpin 1-0.

Salah kembali mendapat peluang mencetak gol pada menit 24. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Al Mosailem, tembakan salah masih melenceng dari gawang Arab Saudi.

Tertinggal 1 gol, Arab mencoba menekan ke area pertahanan Mesir. Bahkan pada menit 41, Arab Saudi mendapatkan peluang bersih menyamakan kedudukan saat wasit menunjuk titip putih. Sayang, tendakan Fahad Al Muwallad dari titik 11 pas berhasil diblok oleh kiper Mesir Essam El Hadary dengan meyakinkan.

Menit 47 menjelang turun minum, bek Mesir Ali Gabr menarik Fahad Al Muwallad di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih setelah melihat review dari VAR. Kali ini, Salman Al Faraj tak menyia-nyiakan kesempatan dan sukses menyarangkan bola. Skor 1-1 hingga turun minum.

Susunan pemain:

Arab Saudi:
Al Mosailem, Shahrani, M Hawsawi, O Hawsawi, Al Burayk, Al Dawsari (1 gol), Al Faraj (1 gol), Otayf, AL Moga, Sultan Babhir (65, Asisi), Al Muwallad (79, Al Sheri).

Mesir:
El Hadary, Abdel-Shafy, Hegazy, Gabr (kartu kuning), Fathi (kartu kuning), Hamed, Elneny, Trezeguet (63, Kahraba), El Said (45, Warda), Salah (1 gol), Mohsen (64, Shobhi)

Tokopedia