Piala Dunia 2018: Ronaldo Gagal Penalti, Portugal Tetap Lolos

Iran vs Portugal (Reuters/Murad Sezer)
26 Juni 2018 07:26 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SARANSK - Portugal hanya bermain imbang pada laga terakhir Grup B Piala Dunia 2018 melawan Iran. Hasil imbang ini tetap membawa Portugal lolos ke babak 16 Besar sebagai runner up grup.

Dalam laga yang dilangsungkan di Mordovia Arena, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB, Portugal tampil dominan. Mereka terus menyerbu pertahanan Iran. Iran sendiri memang dikenal dengan tim yang mengandalkan pertahanannya dan sangat sulit dijebol.

Saking sulitnya mendobrak pertahanan Iran, Portugal baru bisa memecah kebuntuan jelang babak pertama berakhir. Gol itu tercipta atas nama Ricardo Quaresma. Winger Besiktas itu melakukan pergerakan dari sisi kanan sebelum melepaskan tembakan keras yang bersarang di gawang Iran. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Portugal 1-0.

Portugal berpeluang menggandakan keunggulan di babak kedua tepatnya pada menit ke-51. Cristiano Ronaldo dilanggar pemain Iran sehingga wasit menunjuk titik putih. Namun keputusan itu mendapat protes keras dari para pemain Iran sehingga membuat wasit Enrique Caceres meninjau ulang dengan Video Assistant Referee (VAR).

Tapi, wasit tetap pada pendiriannya untuk memberikan penalti kepada Portugal. Ronaldo yang menjadi eksekutor gagal menuntaskan tugasnya dengan baik. Eksekusinya berhasil dimentahkan kiper Iran, Beiranvand.

Setelah itu, Iran yang justru tampil menyerang. Merek abeberapa kali mengancam gawang Portugal namun belum menemui hasil. Gol penyeimbang untuk Iran akhirnya datang di masa injury time sekaligus menyelamatakan mereka dari kekalahan.

Mereka mendapat hadiah penalti setelah bek Portugal, Cedric Soares, kedapatan menyentuh bola dengan tangan. Karim Ansarifard yang ditunjuk sebagai penendang penalti sukses menjalankan tugasnya. Skor akhir Portugal vs Iran 1-1.

Susunan Pemain:

Portugal: Rui Patricio; Cedric, Pepe, Fonte, Guerreiro; W.Carvalho, Adrien Silva, J.Mario (Moutinho 84'); Quaresma (Bernardo Silva 70'), Andre Silva (Guedes 90'), Ronaldo.

Iran: Beiranvand; Rezaian, Hosseini, Pouraliganji, Haji Safi (Mohammadi 56'); Ebrahimi, Ezzatollahi (Ansarifard 76'); Jahanbaksh (Ghoddos 70'), Amiri, Taremi; Azmoun.

Tokopedia