Piala Dunia 2018: Melaju ke 16 Besar, Spanyol Tertolong VAR

Spanyol vs Maroko (Reuters/Gonzalo Fuentes)
26 Juni 2018 07:55 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, KALININGRAD - Spanyol memetik hasil imbang melawan Maroko pada laga terakhir Grup B Piala Dunia 2018. Hasil imbang itu cukup mengantar La Furia Roja melaju ke babak 16 Besar sebagai juara grup.

Dalam pertadingan yang dilangsungkan di Kalinihgrad Stadium, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB, Spanyol tampil dominan seperti biasanya. Mereka terus melancarkan serangan namun kesulitan menembus pertahanan Maroko. Mentok bola hanya sampai di lini pertahanan Maroko.

Justru Maroko yang bisa unggul lebih dulu. Di menit ke-14, Andres Iniesta dan Sergio Ramos salah koordinasi. Hal itu membuat Khalid Boutib bisa mencuri bola dan lantas menggiring bola ke kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan mendatar yang bersarang di gawang David De Gea. Maroko unggul 1-0.

Namun, keunggulan Maroko itu tak bertahan lama. Lima menit kemudian, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan melalui Isco. Gol ini berawal dari kerjasama apik para pemain Spanyol. Bola yang didapat Iniesta kemudian dioper ke Isco untuk diselesaikan dengan tembakan keras. Spanyol vs Maroko jadi 1-1.

Setelah itu, permainan lebih terbuka. Tensi permainan bahkan meninggi dengan kedua tim yang saling jual beli serangan. Namun hingga babak pertama usai skor imbang 1-1 tetap bertahan.

Di babak kedua, Maroko tampil lebih menyerang. Dua peluang didapat pada awal-awal babak kedua. Salah satunya bahkan menerpa mistar gawang. Sementara peluang lainnya berhasil digagalkan De Gea.

Maroko akhirnya bisa kembali unggul di menit ke-81. Pemain pengganti Youssef En-Neysri sukses menyambut bola hasil sepak pojok Faycal Fajr dengan sundulan. Bola meluncur ke gawang Spanyol tanpa bisa dihentikan De Gea. Maroko unggul 2-1.

Kemenangan Maroko yang berada di depan mata sirna setelah Iago Aspas membuat gol penyama di masa injury time. Gol ini sempat dianulir wasit karena Aspas dianggap dalam berada pada posisi offside sebelum menuntaskan umpan Dani Carvajal. Hakim garis pun sudah mengangkat bendera. Namun wasit memilih untuk meninjau ulang melalui VAR dan kemudian mengesahkan gol Aspas. Skor akhir Spanyol vs Maroko 2-2.

Susunan Pemain

Spanyol: De Gea, Ramos, Pique, Jordi Alba, Carvajal, Iniesta, Busquets, Thiago (Asensio 77'), Diego Costa (Aspas 74'), Isco, David Silva (Rodrigo 84')

Maroko: Munir, Saiss, Da Costa, Hakimi, Dirar, Belhanda (Fajr 65'), Boussoufa, El Ahmadi, Boutaib (En-Nesyri 71'), Ziyech (Bouhaddouz 85'), Amrabat

Tokopedia