Statistik Ronaldo Gagal Penalti, Messi Lebih Buruk!

Iran vs Portugal (Reuters/Murad Sezer)
26 Juni 2018 10:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SARANSK - Cristiano Ronaldo gagal menambah pundi-pundi golnya di Piala Dunia 2018. Hal itu setelah pemain berjuluk CR7 itu gagal mengeksekusi penalti saat Portugal diimbangi Iran pada laga terakhir Grup B, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB.

Dalam laga yang dilangsungkan di Mordovia Arena, Portugal bermain imbang 1-1 melawan Iran. Mereka unggul lebih dulu melalui Ricardo Quaresma. Portugal berkesempatan menggandakan keunggulan melalui titik penalti. Sayang, eksekusi Ronaldo bisa digagalkan kiper lawan. Justru Iran yang akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui Karim Ansarifard.

Meski gagal menang, Portugal tetap bisa melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018 sebagai runner up grup B. Mereka hanya kalah produktivitas gol dengan Spanyol yang sama-sama mengoleksi lima poin. Spanyol bisa membuat enam gol, sementara Portugal cuma lima.

Kegagalan dalam tendangan penalti tentu cukup disesali Ronaldo. Pasalnya, jika berhasil membuat gol dari penalti dia akan membawa Portugal menjadi juara grup B. Selain itu, dia juga bisa mengejar striker Inggris, Harry Kane, di daftar top skorer sementara Piala Dunia 2018. Saat ini, Ronaldo punya empat gol, tertinggal satu gol dari Kane di puncak daftar top skorer.

Dikutip dari Transfermarkt, ini menjadi kegagalan ke-20 bagi Ronaldo dalam mengeksekusi penalti. Total sudah 124 kali Ronaldo melakukan eksekusi penalti dengan 104 keberhasilan. Artinya, dia memiliki rasio kegagalan penalti sebesar 16%.

Catatan itu ternyata lebih baik dari sang rival, Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga itu ternyata memiliki rasio kegagalan penalti sebesar 23,3%. Messi sudah gagal dalam mengeksekusi penalti sebanyak 24 kali dari total 103 penalti.

Paling anyar tentu saat Argentina cuma bermain imbang 1-1 melawan Islandia di laga perdana Piala Dunia 2018. Saat itu, eksekusi penalti Messi bisa digagalkan kiper Islandia. Setelah itu, Argentina justru kalah 0-3 dari Kroasia. Mereka pun terancam tersingkir.