Jeblok, De Gea Minim Penyelamatan

David De Gea (Reuters/Eddie Keogh)
26 Juni 2018 13:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Predikat kiper terbaik di kompetisi liga tak menjadi jaminan sang penjaga gawang mampu bersinar di Piala Dunia. Analogi itu mungkin pas diberikan pada performa David De Gea bersama Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Alih-alih menjadi kiper berpenampilan terbaik, De Gea justru menjadi satu-satunya penjaga gawang yang belum pernah mencatatkan satupun penyelamatan di Rusia. Dilansir FIFA, Senin (25/6/2018), ada 33 kiper dari 32 negara yang sudah tampil di Piala Dunia 2018 sejauh ini termasuk De Gea. Dari daftar tersebut, De Gea masuk urutan terbuncit dengan 0 penyelamatan di dua laga awal.

Statistik itu tentu amat jauh tertinggal dibanding kiper Meksiko, Guillermo Ochoa, yang telah mencatat 14 saves dari dua laga (93,3%) atau Kasper Schmeichel yang menorehkan 10 saves dari dua laga (90,9%). Tentu bukan persoalan apabila kiper Manchester United (MU) itu tak menghadapi ancaman apapun di dua laga awal. Namun bukan demikian kasusnya.

Kiper 27 tahun itu sudah kebobolan tiga gol, seluruhnya saat Spanyol bermain imbang 3-3 melawan Portugal. Dia bahkan membuat blunder saat menangkap bola yang berbuah gol kedua Portugal via Cristiano Ronaldo. De Gea lantas tak mendapat ancaman di laga melawan Iran saat La Furia Roja menang tipis.

Tudingan miring pun sempat dialamatkan pada sang kiper setelah tak bermain terlalu impresif di awal Piala Dunia 2018. Namun ada pula sejumlah pihak yang tetap yakin dengan kualitas De Gea, salah satunya manajernya di MU, Jose Mourinho. Dia tak menyangkal kalau De Gea melakukan aksi buruk atas blundernya melawan Portugal.

“Itu jenis kesalahan yang tidak dia lakukan bersama kami [MU]. Dia pemain terbaik kami di musim lalu. Namun hal itu [kesalahan] terjadi juga pada pemain-pemain terbaik,” ujar Mourinho dilansir Russia Today.

Mourinho yakin apa yang terjadi di laga awal tak akan memberi pengaruh besar secara psikologis pada De Gea. “Hal baik yang bisa Anda temui pada pemain-pemain terbaik adalah pada pertandingan berikutnya mereka sudah siap, tanpa takut, dan penuh percaya diri,” tukas eks Pelatih Real Madrid itu.