Piala Dunia 2018: Unik, Jersey Nigeria Laku Keras

Nigeria (Reuters/Toru Hanai)
26 Juni 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Ketika bicara tentang popularitas di antara negara peserta Piala Dunia 2018, Nigeria tentu tak berada di level yang sama dengan Jerman, Prancis, Brasil, Argentina, atau negara besar lain. Secara prestasi, Nigeria jelas kalah jauh dengan negara-negara tersebut.

Demikian halnya dengan penggemar global. Pendukung Elang Super, julukan Nigeria, tak memiliki basis massa besar di belahan dunia layaknya tim-tim Eropa atau Amerika Latin. Namun demikian, Nigeria ternyata unggul telak dalam aspek penjualan jersey Piala Dunia 2018. Nike selaku produsen jersey bermotif retro itu bahkan telah menerima tiga juta pesanan sebelum kostum dirilis secara resmi 1 Juni 2018 lalu.

Jumlah itu lebih banyak dibanding salah satu penjualan jersey terbanyak Manchester United yakni di tahun 2016 (2,5 juta penjualan). Saat Piala Dunia 2018 telah berlangsung, jersey original Nigeria pun tak banyak ditemukan di toko-toko merchandise di Rusia karena telah disikat oleh fans dari seluruh dunia seperti dilansir CNBC, Senin (25/6/2018).

Permintaan yang tinggi untuk jersey Nigeria belum pernah terjadi sebelumnya. Desain berpola zig-zag hijau putih yang unik membuatnya menarik bagi banyak penggemar olahraga, tak hanya sepak bola. Padahal banderol sebuah kostum Elang Super cukup mahal, US$ 90 atau sekitar Rp1,2 juta.

Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF), Shehu Dikko, menyatakan jersey Nigeria laku keras karena memiliki desain unik dibanding kostum negara lain. “Jersey kami mampu menarik orang yang melihat dari sudut pandang olahraga maupun fesyen,” ujar Dikko dilansir ESPN beberapa waktu lalu.

Dengan popularitasnya, jersey yang disebut terinspirasi kostum Nigeria di Piala Dunia 1995 ini jelas tak lepas dari sasaran pembajakan. Sejumlah toko diketahui menjual kostum dengan harga jauh lebih murah. Ini membuat NFF jengkel karena dapat membuat citra merek menjadi anjlok.

Pemalsuan juga merugikan kesepakatan kemitraan antara Nike dengan NFF. Pada 2015, kedua pihak setuju bermitra selama tiga setengah tahun dengan nilai US$ 3,75 juta dan bonus US$ 500.000 jika Nigeria bisa lolos ke Piala Dunia 2018.

Pembajakan tersebut turut memicu kosongnya stok jersey di toko-toko di seluruh dunia. “Nike belum berencana untuk menjual kembali jersey tersebut,” cuit Nike dalam akun twitter @NikeUK.

Namun jika Anda punya banyak uang, Anda dapat menemukan kostum yang dijual online seperti eBay seharga US$ 398, atau tiga kali dari harga asli. Masih berminat memiliki jersey John Obi Mikel dkk?