Pekerjaan Sampingan Skuat Islandia, dari Dokter Gigi hingga Sutradara

Islandia (Reuters/Christian Hartmann)
26 Juni 2018 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, ROSTOV-NA-DANU — Bagi Islandia, tampil di Piala Dunia bagaikan sebuah dongeng. Namun, mereka bisa kembali ke “dunia nyata” apabila tersingkir dari Grup D di turnamen paling akbar di dunia tersebut.

Nasib Islandia memang tidak bisa ditentukan lewat tangan sendiri. Seandainya bisa menundukkan Kroasia di laga penutup Grup D di Rostov Arena, Rostov Na Danu, Rabu (27/6/2018) pukul 01.00 WIB, Islandia belum tentu lolos ke fase knock-out. Nasib mereka masih harus ditentukan hasil lain di Grup D, antara Nigeria versus Argentina.

Apabila tersingkir, anggota skuat Islandia pun bakal menjalani pekerjaan kesehariannya selain bermain sepak bola. Ya, sepak bola memang awalnya tak terlalu populer di Islandia. Apalagi, jumlah penduduk di negara tersebut sangat kecil. Para pemain sepak bola di sana pun memiliki pekerjaan sampingan atau bahkan sebaliknya dengan menjadikan sepak bola sebagai sampingan.

Salah satunya adalah pelatih Islandia Heimir Hallgrimsson. Dia adalah seorang dokter gigi. Namun pekerjaan itu ditinggalkannya untuk sementara jika ada kepentingan di Timnas Islandia. Begitu pula dengan kiper Hannes Thor Halldorsson yang merupakan sutradara film, serta bek Birkir Saevarsson yang bekerja di pabrik garam.

Meski demikian, tidak ada kata putus asa dalam kamus tim beralias Strakarnir Okkar ini. Hallgrimsson yakin timnya bisa menaklukkan Kroasia dan melaju ke babak berikutnya. “Kami bermain melawan Kroasia empat kali dalam empat tahun, kami sering mengatakan kami seperti pasangan suami-istri, kami berusaha bercerai, namun selalu bertemu lagi,” ujar Hallgrimsson setengah bekelakar, seperti dilansir Reuters, Senin (25/6),

Pertemuan Islandia dengan Kroasia memang sangat intens beberapa tahun belakangan. Bahkan, mereka berada satu grup yang sama pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Hebatnya, Islandia berhasil berhasil finis puncak dan memaksa Kroasia melakoni play-off untuk bisa tampil di Rusia. Dalam dua laga di kualifikasi itu, Strakarnir Okkar menang 1-0 di kandang setelah sebelumnya tumbang 0-2 di markas Kroasia.

Islandia pun mendapat angin segar. Kroasia dikabarkan tidak akan menurunkan sejumlah pilar setelah mereka dipastikan lolos ke fase knock-out seusai membungkam Argentina 3-0 di laga kedua Grup D. Rencana untuk mencadangkan pemain utama itu bukan hanya karena mereka bisa istirahat dan tampil lebih bugar di babak 16 besar. Namun, demi menghindari sanksi akumulasi kartu kuning.

Tokopedia