Piala Dunia 2018: Begini Penentuan Kelolosan Tim Jika Poin Sama

Trofi Piala Dunia (Reuters/Sergei Karpukhin)
26 Juni 2018 17:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Fase penyisihan Grup Piala Dunia 2018 telah memasuki akhir. Sejumlah tim sudah memastikan lolos ke babak 16 Besar, namun ada pula yang bersaing alot dengan rival.

Sudah ada empat tim yang memastikan lolos ke babak 16 Besar yakni Uruguay, Rusia, Spanyol, dan Portugal. Untuk Uruguay dan Rusia di Grup A tak banyak menyita perhatian. Pasalnya kelolosan mereka dipastikan dengan jumlah poin. Ya, Urguay keluar sebagai juara grup dengan nilai sembilan, sedangkan Rusia menjadi runner up dengan enam poin.

Berbeda dengan grup B. Spanyol dan Portugal lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia dengan sama-sama mengoleksi lima poin. Mereka juga sama-sama memiliki selisih gol +1. Lantas apa yang membuat Spanyol dinobatkan sebagai juara grup? Ternyata karena jumlah gol Spanyol lebih banyak dari Portugal. Ya, Spanyol punya enam gol sepanjang fase grup, sedangkan Portugal mengoleksi lima gol.

Melihat fakta tersebut, ada potensi penentuan kelolosan dengan faktor lain selain poin yang memang menjadi patokan utama. Lalu bagaimana sebenarnya urutan penentuan kelolosan sebuah tim dalam fase penyisihan grup Piala Dunia 2018. Begini penjelasannya seperti dikutip dari Fifa.com.

Penentuan kelolosan sebuah tim dari fase grup Piala Dunia 2018 ditentukan oleh jumlah poin. Poin didapat saat sebuah tim melakukan pertandingan. Menang akan mendapat tiga poin, seri mendapatkan satu poin, dan kalah tak mendapatkan poin. Tim dengan poin terbanyak akan keluar sebagia juara grup dan poin terbanyak kedua lolos sebagai runner up.

Jika ada tim dengan poin sama, maka yang dihitung adalah selisih gol. Selisih gol didapat dari jumlah mencetak gol dikurangi dengan kebobolan. Jika selisih gol masih sama, maka yang dihitung adalah jumlah dengan gol terbanyak di fase grup. Nah, hal ini yang terjadi antara Spanyol dan Portugal.

Lantas bagaimaian jika dua tim memiliki poin sama, selisih gol sama, dan jumlah gol sama. Penentuannya adalah head to head. Head to head adalah pertemuan kedua tim di fase grup. Siapa yang menang di pertemuan itu yang akan menentukan. Jika masih imbang bagaimana?

Penentuan selanjutnya adalah dengan poin fair play. Ketentuan ini terkait dengan fair play dari sebuah tim, yang dihitung adalah jumlah kartu kuning dan kartu merah yang didapat sebuah tim selama fase penyisihan grup. Namun, penghitungan poin kartu ini juga ada ketentuannya.

Satu kartu kuning dihitung -1, kartu merah tak langsung atau kartu kuning kedua dihitung -3, kartu merah langsung -4, serta kartu kuning ditambah kartu merah langsung dihitung -5. Jika semuanya masih imbang, maka ketentuang terakhir adalah undia. FIFA akan melakukan undian untuk menentukan siapa yang berhak lolos.

Tokopedia