Piala Dunia 2018: Imbang 0-0, Prancis & Denmark Lolos 16 Besar

Gelandang Denmark, Christian Eriksen, berduel dengan gelandang Prancis, N'Golo Kante. (Reuters)
26 Juni 2018 22:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Laga penentuan grup C Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Prancis dan Denmark berakhir imbang tanpa gol. Kedua tim tampak bermain hati-hati. Les Blues, julukan Prancis, yang menyimpan Paul Pogba dan sejumlah pemain kunci lain seolah kehilangan agresifitas.

Berlaga dengan sejumlah pemain lapis kedua, Prancis kesulitan membongkar pertahanan Denmark dalam laga di Luzhniki Stadium, Moscow, Rusia, Rabu (26/6/2018). Sebaliknya, Denmark yang hanya butuh hasil ibang untuk lolos, bermain sangat berhati-hati.

Babak Pertama

Peluang pertama didapat Prancis ketika tendangan cungkil Olivier Giroud berhasil diblok kiper Kasper Schmeichel pada menit ke-15.

Satu menit kemudian giliran Raphael Varane yang mengancam gawang Denmark. Bek yang dipercaya menjadi kapten timnas Prancis ini melepaskan sundulan yang masih tipis di samping gawang Denmark.

Denmark yang butuh kemenangan untuk mengamankan posisi ke babak 16 besar, menciptakan peluang pertamanya pada menit ke-29. Andreas Cornelius berhasil lolos jebakan offside di sisi kanan pertahanan Prancis dan mengirim umpan tarik ke arah Christian Eriksen.

Eriksen sempat lolos dari kawalan lini pertahanan Prancis setelah berlari dari lini ke depan. Namun, kesigapan kiper Steve Mandanda dan bek kiri Lucas Hernandez membuat Eriksen tidak leluasa menendang bola. Bola berhasil diblok Mandanda dan gawang Prancis pun aman.

Babak pertama terbilang minim peluang bagi kedua tim. Peluang terakhir diciptakan Prancis pada menit ke-39. Griezmann mendapat ruang di depan kotak penalti Denmark dan melepaskan tendangan kaki kiri yang kemudian dengan nyaman ditangkap Schmeichel.

Skor imbang tanpa gol cukup menguntungkan bagi Prancis. Pasalnya, Les Bleus hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara Grup C.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai kembali dengan prancis yang memegang kendali permainan seperti babak pertama. Pada menit-menit awal Prancis memasukkan Benjamin Mendy untuk menggantikan Lucas Hernandez.

Selanjutnya Prancis kembali melancarkan serangan bergelombang ke daerah kotak terlarang Denmark, tetapi menumpuknya pemain tim berjuluk Danish Dynamite mengagalkan usaha tersebut. Denmark pun berusaha utnuk melancarkan serangan balik dengan memaksimalkan kreativitas Eriksen.

Pada menit ke-54, Denmark mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas Eriksen, di mana bola dari tendangan itu gagal ditangkap dengan sempurna oleh Mandanda. Akan tetapi, bola yang terlepas masih bisa ditangkap kembali oleh penjaga gawang Prancis tersebut.

Setelah peluang itu, Denmar seakan mendapatkan semangat kembali untuk dapat membuat gol pembuka sehingga berusaha untuk menguasai lapangan tengah. Kendati demikian, Prancis pun masih tetap tangguh di lini belakang dalam menghalau usaha Denmark. Demi tetap menguasai lini tengah, Prancis pun memasukkan Nabil Fekir untuk menggantikan Griezmann pada menit ke-71.

Tujuh menit berselang, giliran Dembele yang ditarik keluar untuk digantikan Kylian Mbappe demi mempertajam serangan Prancis. Akan tetapi, usaha Prancis masih menemui tembok kukuh pertahanan Denmark. Alhasil, hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir, kedua tim gagal mencetak satu gol pun sehingga laga berakhir imbang.

Susunan Pemain

Denmark: K. Schmeichel; Kjaer, Christensen, Jorgensen; Dalsgaard, Delaney (Lerager), Christian Eriksen, Larsen; Braithwaite, Cornelius (Dolberg), Sisto (Fischer).

Prancis: Mandanda; Sidibe, Varane, Kimpembe, Hernandez (Mendy); N'Zonzi, Kante; Griezmann (Fekir), Dembele (Mbappe), Lemar; Giroud.