Di ID Berhijab, Saat Beri Dukungan Suporter Wanita Iran Pamer Pusar

Gaya suporter Iran saat kali pertama dibolehkan nonton laga Piala Dunia 2018 secara langsung di stadion sejak 1979. - Reuters/Jorge Silva)
27 Juni 2018 09:00 WIB Nugroho Nurcahyo Dunia Share :

Solopos.com, MOSKWA -- Gaya unik suporter wanita di Piala Dunia 2018 kerap jadi sorotan. Salah satunya, gaya suporter wanita dari Iran yang beda jauh dengan identity card (ID) Card atau kartu identitas diri. 

Seorang wanita Iran yang menonton langsung laga tim kesayangannya di Piala Dunia 2018 Rusia menjadi bahan perbincangan di Twitter gara-gara gayanya saat yang sangat kontras dengan pas foto di ID Fan yang memakai jilbab hitam, ciri khas foto resmi wanita Iran.

Gadis yang tidak diketahui namanya ini tidak memakai jilbab saat mendukung tim kesayangan. Dia juga memakai kaus dengan gaya diikat di perut bagian atas sehingga sebagian perut dan pusarnya kelihatan.

Foto itu viral di medsos dan menjadi bahan perbincangan warga Rusia setelah media lokal Rusia Sports.ru, menampilkan foto si gadis.

Wanita itu menarik warganet di Rusia karena penampilannya kontras dengan foto Fan ID-nya. Di foto kartu pas masuk stadion itu, kepala dan lehernya tertutup jilbab hitam. Foto itu diberi caption yang berbunyi "Ketika gadis-gadis Iran keluar dari Iran."

Identitas wanita itu, serta nama pengambil gambar tidak dicantumkan, tetapi tidak menghentikan netizen jatuh cinta padanya. Postingan ini telah diretweet hingga ratusan kali, dan disukai lebih dari 3.300 kali.

Beragam komentar pun bermunculan. Salah satunya mengkhawatirkan si wanita nantinya jika kembali ke Iran dan mendapat hukuman di negaranya.

“Aduh! Perutnya tampak! Datang ke Rusia dan menjadi liar. Ini Pelanggaran yang buruk di Iran!” salah satu pengguna twitter berkomentar.

Pengguna lain menganggapnya biasa, dan menerangkan bahwa sebetulnya di Republik Islam Iran tidak segitu ketatnya seperti dibayangkan orang Barat.

Sports Illustrated melaporkan, wanita Iran untuk pertama kalinya sejak 1979 diizinkan menonton tim nasional di tribun penonton baru pada Piala Dunia 2018 ini.

Sedikitnya 10.000 penggemar sepak bola membeli tiket untuk menonton langsung di arena olahraga ikonik Azadi dengan tarif 2 euro. Banyak penggemar wanita Iran rela melakukan perjalanan ke Rusia demi menyaksikan Piala Dunia secara langsung membela timnas kebanggaan mereka dari tribun penonton.

Tokopedia