Prediksi Serbia vs Brasil

Brasil (Reuters/Damir Sagolj)
27 Juni 2018 08:30 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Bagaimana prediksi Serbia vs Brasil di laga Piala Dunia 2018 malam nanti?

Brasil memiliki reputasi yang kurang membanggakan melawan tim-tim Eropa. Juara dunia lima kali itu hanya menang sekal dalam tujuh pertemuan terbaru versus tim-tim Benua Biru di Piala Dunia.

Statistik itu bisa jadi akan membayangi Brasil ketika melawan Serbia pada laga penutup Grup E di Otkrytiye Arena, Moskow, Kamis (28/6) pukul 01.00 WIB (disiarkan langsung Trans TV). Meski tidak rerkalahkan dalam dua laga pembuka (imbang 1-1 melawan Swiss dan menang 2-0 atas Kosta Rika), Brasil masih belum bisa memastikan diri lolos ke babak berikutnya.

Tiga tim di Grup E, yakni Brasil, Swiss, dan Serbia masih bersaing ketat lolos ke fase knock-out. Hanya Kosta Rika yang dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar setelah selalu menelan kekalahan dalam dua laga pembuka mereka. Brasil dan Swiss sama-sama mengantongi empat poin, sedangkan Serbia berada di urutan ketiga dengan tiga poin.

Brasil hanya membutuhkan hasil imbang melawan Serbia untuk meraih tiket ke babak 16 besar. Sementara Serbia harus menang untuk bisa lolos ke fase knock-out. Sebenarnya, hasil imbang cukup untuk membawa tim asal Balkan ini terkualifikasi ke babak selanjutnya namun dengan syarat Swiss harus kalah dari Kosta Rika dengan marjin lebih dari satu gol.

“Lawan-lawan kami mempersiapkan diri dengan bagus, namun saya pikir kami akan mengkreasi banyak peluang dengan ide yang diberikan profesor [Pelatih Brasil, Tite] atau dengan improvisasi kami,” jelas full-back Brasil, Fagner, seperti dikutip nytimes.com, Selasa (26/6).

Selecao, julukan Brasil, harus memperbaiki performa mereka jika ingin meraih hasil meyakinkan kontra Serbia. Dalam laga terbaru, mereka dipaksa mengalahkan Kosta Rika dengan dua gol di injury time masing-masing dari Philippe Coutinho dan Neymar. Sejauh ini, Coutinho merupakan pemain Selecao yang paling bersinar di Rusia. Dia mencetak dua gol, melebihi Neymar yang baru mencetak satu gol.

Dalam 10 pertandingan terbaru, Coutinho juga lebih unggul ketimbang kapten Brasil itu. Gelandang Barcelona ini mengoleksi sembilan gol, lebih baik ketimbang Neymar yang baru melesakkan lima bijib gol.

Celakanya, Neymar dan Coutinho dibayangi sanksi akumulasi kartu kuning setelah mendapat sebiji kartu kuning pada laga sebelumnya. Masalah cedera juga menerpa winger Brasil, Douglas Costa. Tanpa Costa, Tite kemungkinan akan menurunkan Willian sebagai starter. Tite bisa juga menduetkan Gabriel Jesus dan Roberto Firmino di lini depan.

Sementara itu, meski baru saja menelan kekalahan 1-2 dari Swiss, Serbia justru terlecut untuk bangkit. “Ya, kami benar-benar butuh keajaiban [untuk lolos]. Itu yang bisa kami lakukan untuk mengalahkan Brasil dan lolos ke babak berikutnya. Saya yakin kami bisa menciptakan keajaiban.   Kami orang Serbia, tidak ada yang mustahil,” jelas gelandang Serbia, Sergej Milinkovic-Savic.

Gelandang Lazio itu mengatakan Serbia bisa mengambil inspirasi Kosta Rika dan Swiss yang mampu menyulitkan Selecao. “Kosta Rika dan Swiss mampu memberi perlawanan kepada Brasil. Saya yakin kami juga bisa dan bisa mengalahkan mereka,” ujar dia. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)