Babak I: Akhirnya Messi Cetak Gol, Argentina Ungguli Nigeria 1-0

Lionel Messi merayakan gol ke gawang Nigeria di St Petersburg Stadium, Rabu (27/6/2018) dini hari. (Twitter - FIFA)
27 Juni 2018 01:49 WIB Adib Muttaqin Asfar Dunia Share :

Solopos.com, ST PETERSBURG-- Argentina melepaskan ketegangan dengan keunggulan 1-0 atas Nigeria dalam laga paling menentukan di Grup D Piala Dunia 2018 di Saint Petersburg Stadium, Rabu (27/6/2018) dinihari. Lionel Messi memecah kebuntuan Argentina dengan mencetak gol dari sayap kanan.

Seperti diprediksi banyak pihak, pelatih Argentina Jorge Sampaoli menerapkan skema 4-3-3 yang disebut-sebut bisa menempatkan Messi di posisi terbaik. Messi memang sangat akrab dengan pola ini khususnya di Barcelona. Dalam skema ini, Messi bermain di depan kanan yang menjadi posisi naturalnya.

Argentina sebenarnya mengawali pertandingan dengan tidak terlalu baik. Beberapa kesalaha terjadi di lini pertahanan yang dimanfaatkan barisan penyerang Nigeria. Salah satunya backpass Javier Mascherano yang dengan gampang direbut pemain Nigeria. Untungnya, Marcos Rojo masih mampu merebut bola di kotak penalti.

Seperti biasa, Argentina mendominasi penguasaan bola. Hingga menit 25, tercatat Messi dkk mendapatkan 66% penguasaan bola berbanding 34%. Beberapa kali Messi dan Enzo Perez gagal menembus ketatnya sisi kanan pertahanan Nigeria. Begitu pula Angel Di Maria yang belum mampu menusuk dari sisi kiri.

Di menit 14, upaya Argentina membuahkan hasil. Berawal dari umpan panjang Ever Banega dari tengah, Messi lepas dari jebakan offside di sisi kiri pertahanan Nigeria sambil melepaskan tembakan dan gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Menit 27, giliran Messi membuat peluang untuk Higuain. Dia mengirim umpan matang yang disambar Higuain dengan tembakan ke gawang. Namun, bola masih bisa diselamatkan kiper Nigeria Francis Uzoho.

Peluang kembali diperoleh Messi. Pada menit 32, Leon Balogun mengganjal Di Maria yang melakukan solo run untuk mengejar bola hingga mendekati kotak penalti. Balogun diganjar kartu kuning dan Argentina mendapat hadiah tendangan bebas dari jarak dekat. Messi yang menjadi eksekutor mengarahkan bola ke tiang jauh, namun tipis membentur mistar gawang.

Menit 39, Messi mengirim umpan ke Di Maria. Sayap kiri Paris St Germain itu melepaskan tembakan ke gawang Nigeria namun berhasil diblok oleh Uzoho.

Nigeria juga berupaya menekan, namun kiper Franco Armani yang mengawal gawang Argentina tampil lebih disiplin. Skor 0-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.