Piala Dunia 2018: Hajar Meksiko 3-0, Swedia Lolos Juara Grup

Pemain Swedia merayakan gol pertama ke gawang Meksiko. (Reuters)
27 Juni 2018 23:04 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, YEKATERINBURG - Laga menentukan grup F Piala Dunia 2018  Meksiko vs Swedia berlangsung dramatis. Bermain di Ekaterinburg Arena, Yekaterinburg, Rusia, Rabu (27/6/2018), Swedia berhasil menggebuk Meksiko dengan skor meyakinkan.

Meksiko dan Swedia sama-sama bermain menyerang di babak pertama. Kedua tim yang masih memiliki peluang tersingkir dan lolos berulangkali mencoba mencetak gol dengan tembakan dari luar kotak penalti. Swedia mulai panas di babak kedua dengan mencetak tiga gol menentukan.

Babak Pertama

Swedia menggebrak di menit ke-2 lewat tendangan bebas Sebastian Larsson yang melengkung mengarah ke sudut gawang. Beruntung, kiper Meksiko, Ochoa sukses menggagalkan peluang itu.

Meksiko berpeluang membuat gol pembuka pada menit ke-17. Vela yang berdiri bebas di depan kotak penalti melepaskan sepakan plesing dengan kaki kiri. Bola bergulir di kanan gawang Olsen.

Tapi Swedia yang berambisi memenangkan laga ini juga punya peluang saat Forsberg melepaskan tendangan first time. Bola masih melambung di atas mistar. Sampai dengan menit ke-20 kedua tim belum berhasil mencetak gol.

Pada menit ke-28, pemain Swedia mengangkat tangan saat Hernandez yang mencoba menghalau bola sepak pojok, justru handball di kotak penalti Meksiko. Wasit Pitana memakai bantuan VAR untuk membuat keputusan. Ia menilai Hernandez "tidak sengaja" menyentuh bola. Tak ada penalti untuk Swedia.

Meksiko tak kalah agresif. Satu serangan dari Gallardo berhasil menusuk sisi kanan pertahanan Swedia. Ia memberikan umpan tarik di depan gawang. Tapi umpan itu gagal dijangkau Lozano yang pergerakannya ditutup oleh bek Swedia.

Tambahan waktu dua menit babak pertama tak cukup bagi kedua tim untuk mencetak gol. Hasil laga babak pertama Meksiko vs Swedia skor 0-0.

Babak Kedua

Babak pertama baru berjalan lima menit, Swedia berhasil mencetak gol. Menuntaskan umpan Viktor Claesson, tembakan kaki kiri Ludwig Augustinsson menjebol gawang Meksiko yang dikawal Guillermo Ochoa.

 

Dua menit berselang, Swedia hampir menggandakan kedudukan. Sebuah serangan balik dari Swedia membawa Forsberg mendapatkan peluang emas di depan gawang. Namun, sepakan yang dia lakukan masih melambung tinggi.

Swedia berhasil menggandakan kedudukan pada menit ke-62. Andreas Granqvist mencetak gol kedua Swedia dari titik penalti, sepakannya tak bisa dihentikan Ochoa.

Tim Eropa ini mendapat penalti setelah Hector Moreno melakukan pelanggaran keras terhadap Marcus Berg.

 

Meksiko coba mencari gol balasan. Vela melepaskan umpan lambung. Bola berhasil disundul Carlos Salcedo pada menit ke-68. Sayang, bola melebar di sebelah kiri gawang Olsen.

Menit ke-74, Swedia menambah gol. Berniat menghalau serangan Swedia, sentuhan bek Meksiko, Edson Alvarez masuk ke gawangnya sendiri. Skor 3-0 bertahan hingga laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Swedia memuncaki klasemen Grup F unggul selisih gol dari Meksiko di posisi runner up. Sementara juara bertahan Piala Dunia, Jerman dipastikan gagal ke babak 16 besar setelah kalah 0-2 melawan Korea Selatan.

Susunan pemain Meksiko vs Swedia;

Meksiko: Ochoa; Alvarez, Salcedo, Moreno, Gallardo (Fabian); Guardado (Corona), Herrera, Layun (Peralta), Vela, Lozano; Chicarito Hernandez

Swedia: Olsen; Granqvist, Nilson Lindeloef, Lustig, Augustinsson; Claesson, Larsson (Svensson), Ekdal (Hiljemark), Forsberg; Berg (Thelin), Toivonen